Kesbangpol Jabar Bidik Tiga Besar Index Demokrasi Indonesia 2023

SAMBUTAN: Kabakesbangpol Jabar, Iip Hidayat memberikan sambutan dalam acara West Java International Forum for Democracy 2022, Kamis (24/11).
PUTRA WAHYU PURNOMO/RADAR BANDUNG.

SAMBUTAN: Kabakesbangpol Jabar, Iip Hidayat memberikan sambutan dalam acara West Java International Forum for Democracy 2022, Kamis (24/11). PUTRA WAHYU PURNOMO/RADAR BANDUNG.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Menyambut kontestasi politik Indonesia di 2024 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat genjot Indexs Demokrasi Indonesia (IDI) di wilayahnya.


Kepala Badan Kesbangpol Jawa Barat, Iip Hidayat mengatakan demi meningkatkan rating IDI Provinsi Jawa Barat, pihaknya menyelenggarakan diskusi West Java International Forum for Democracy 2022, yang digelar di Degung Ballroom Hotel Grand Sunshine, Soreang Kabupaten Bandung.

“Hari ini kita eventnya internasional, jadi kita ingin tahu gimana sih yang namanya demokrasi di dunia ini gitu ya, bagaimana penerapan di masing-masing negara,” terang Iip, Kamis (24/11).

BACA JUGA: Jokowi Pastikan Evakuasi dan Distribusi Logistik Bencana Cianjur Berjalan Baik

Iip menyebut, kegiatan kali ini bertujuan untuk melihat dan mengambil nilai-nilai positif dari negara-negara dengan nilai demokrasi yang lebih baik dari Indonesia. Sehingga nantinya dapat diterapkan dan mengerek Indexs Demokrasi Indonesia di Provinsi Jawa Barat menjadi lebih baik.

“Kita punya target meningkatkan Index Demokrasi Indonesia di Jawa Barat, jujur saja IDI Jawa Barat itu masih rendah tahun 2018 saja peringkat ke-32, kemudian 2019, 2020 itu naik ke-29, kami bekerja keras ternyata bisa sekarang naik jadi peringkat sembilan mengalahkan 20 provinsi,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya diskusi mengenai demokrasi bersama negara-negara yang telah mapan sistem demokrasinya itu nantinya dapat diterapkan di Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, untuk tahun 2023 mendatang Kesbangpol Jabar memasang target tiga besar IDI.

“Target, tahun depan kita ingin menjadi tiga besar, makanya kegiatan ini salah satunya untuk mendorong daya ungkit, kolaborasi, dan membikin formasi bagaimana kita, Jabar tiga besar,” ujar Iip.

Diketahui, Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Namun, IDI-nya justru tertinggal dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang menempati peringkat satu, kemudian Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara, Lampung, dan ke sembilan Jawa Barat.

Dalam diskusi ini Kesbangpol menghadirkan narasumber dari Kedutaan Besar (Kedubes) Swedia, Kanada, Australia, dan Polandia. Kemudian ada pula akademisi dari Australia dan Universitas Padjadjaran.

(cr1)

 

Loading...

loading...

Feeds