Dinkes Klaim Tidak Ada Kasus Polio di Jabar, Vaksinasi Capai 90 Persen

NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG

NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar) menyebut belum ada kasus Polio di wilayahnya.


Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkes Jabar, R Nina Susana Dewi, Kamis (24/11). Ia mengungkapkan, hingga saat ini vaksinasi polio di Jabar telah mencapai 90 persen.

“Jadi sekarang masyarakat tenang saja. Semoga tidak terjadi di Jabar. Itu adalah salah satunya mengapa tidak ada (kasus polio), mungkin karena semua anak-anak (di Jabar) 90 persen terimunisasi,” ucap Nina.

Diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) polio menyusul ditemukannya kasus anak di Aceh terkonfirmasi mengidap penyakit tersebut. Kasus ini muncul setelah delapan tahun Indonesia bebas polio.

BACA JUGA: Tim Kemanusiaan BIN Datangi Lokasi Korban Gempa Cianjur yang Terisolasi

Oleh karenanya, Nina akan menyegerakan 10 persen anak yang belum menerima vaksin untuk segera diberikan vaksinasi polio.

“Dari keterangan, yang di Aceh itu belum pernah divaksinasi. Jadi kemenkes menyarankan kita siap-siap, hati-hati agar jangan menyebar ke Jabar dan sebagainya,” imbuhnya.

Sebab itu pula ia mengimbau kepada para orang tua untuk segera memberikan vaksinasi polio, kelengkapan imunisasi dasar, dan campak rubela bagi buah hati, sehingga ketahanan imunnya dapat terjaga.

“Kita dari Jabar cara mencegahnya yaitu, vaksinasi harus lengkap, imunisasi dasar harus lengkap, campak rubela harus lengkap,” pungkas Nina.

Kasus polio tersebut kembali menyeruak ketika seorang anak di Aceh berusia 7 tahun mengalami sakit demam dan muncul nyeri pada persendian, hingga kelemahan anggota gerak. Setelah melakukan berbagai pemeriksaan fisik dan laboratorium, anak tersebut dinyatakan terinfeksi polio.

(sir)

Loading...

loading...

Feeds