Jokowi Pastikan Evakuasi dan Distribusi Logistik Bencana Cianjur Berjalan Baik

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi saat meninjau posko di Kabupaten Cianjur pasca diguncang gempa bumi.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi saat meninjau posko di Kabupaten Cianjur pasca diguncang gempa bumi.

POJOKBANDUNG,com, CIANJUR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi kembali meninjau Kabupaten Cianjur pasca diguncang gempa bumi yang menelan ratusan korban jiwa.


Jokowi menuturkan kunjungannya itu untuk memastikan proses pencarian dan evakuasi berjalan dengan baik. “Saya kembali ke Cianjur setelah dua hari lalu saya juga ke sini. Saya ingin memastikan bahwa proses evakuasi berjalan dengan baik,” katanya, Kamis (24/11).

“Kita tahu di sini masih ada 39 korban yang belum ditemukan. Sehingga proses pencarian dan evakuasi masih menjadi prioritas saat ini,” tegasnya.

Selain itu, ia juga ingin memastikan proses pendistribusian logistik juga barjalan dengan lancar dan dibagikan secara merata ke seluruh masyarakat terdampak.

“Makanan, obat-oabatan semuanya harus terdistribusi dengan baik. Termasuk juga kekurangan tenda yang ada. Tadi juga ada keluhan tentang air juga ini harus dipastikan terdistribusi semua, karena memang ini titiknya banyak,” kata Jokowi.

BACA JUGA: Warga KBB yang Menjadi Korban Gempa Cianjur Kini Sudah Mulai Pulih

Perawatan pasien luka-luka tak luput pula dari tinjauannya. Jokowi menyebut hingga saat ini perwatan berjalan dengan baik. “Memang diawal ada 741 pasien, sekarang tinggal 24 yang lain sudah banyak dipulangkan. Sebagian juga dirujuk ke bandung maupun jakarta untuk kasus kasus berat,” imbuhnya.

Ia berharap segala proses dalam masa tanggap darurat tersebut bisa segara tertangani dengan baik dan tuntas. Sehingga pemerintah bisa lanjut berkonsentrasi ke tahap rehabilitasi pascagempa.

Sementara itu, Menteri Pertahan (Menhan) Prabowo Subianto mengapresiasi seluruh tim gabungan yang ambil bagian dalam penanganan pasca gempa bumi berkekuatan 5,6 SR itu.

“Saya kira penanganan cukup bagus, jadi yang penting tadi presiden mengatakan harus cepat penyelamatan,” katanya. “Reaksi dari TNI/Polri dan para relawan luar biasa. Reaksi dokter-dokter, perawat kita, saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka yang bereaksi cepat, sehingga penderitaan rakyat bisa segera di mitigasi. Kita masih urus yang lainnya.”

Harapan serupa pun dilontarkan Prabowo untuk para korban yang masih menjalani perawatan, ia berharap agar segera pulih. “Inilah gotong royong Indonesia. Saudara kita ada yang terkena musibah, kita semua ikut merasakan. Untuk bantuan evakuasi, helicopter TNI siap,” katanya.

Dalam kunjungan itu, Prabowo juga menyerahkan bantuan sosial berupa 10 tenda, 1.000 paket selimut, 1.000 tikar, 1.000 paket sembako, dan 1.000 paket kombinasi.

(sir)

Loading...

loading...

Feeds