Hujan Deras Sebabkan Satu Rumah di Lembang Roboh Diterjang Longsor



SUASANA: Longsor terjang rumah di Lembang sebabkan warga mengungsi. AGUNG EKO SUTRISNO/ RADAR BANDUNG

SUASANA: Longsor terjang rumah di Lembang sebabkan warga mengungsi. AGUNG EKO SUTRISNO/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali memicu terjadinya bencana longsor.


Akibatnya, satu rumah yang berlokasi di Kampung Patrol Tengah RT 02/RW 12, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tertimbun material longsor.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, longsor tersebut terjadi sekitar pukul 12.15 WIB.

“Longsor tersebut menimbun satu rumah warga atas nama Laurentius Dini Rahutomo (47),” katanya kepada wartawan, Rabu 16 November 2022.

Ia menyebut, rumah yang tertimbun longsor itu diisi lima orang. Namun, untuk sementara mereka mengungsi ke rumah kerabatnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Jadi, hanya materiil saja,” sebutnya.

Ia menuturkan, pihaknya bersama pemerintah wilayah dan masyarakat telah melakukan pembersihan material longsor. “Bantuan yang dibutuhkan saat ini karung dan logistik,” ucapnya.

BACA JUGA: Drainase Buruk Akibatkan Dinding Rumah Ambruk di Citeureup Kota Cimahi

Sementara itu, Kepala Desa Suntenjaya, Asep Wahyono mengatakan, rumah tersebut tertimpa tebing setinggi 5 meter dengan panjang 10 meter. Akibatnya, genting dan plafon rumah ambrol.

“Jadi itu tebing di belakang rumah longsor. Posisi rumah di bawah. Jadi menimpa genting dan plafon,” katanya saat dihubungi.

Ia menerangkan, longsor tersebut terjadi usai hujan deras dengan waktu cukup panjang, pada beberapa pekan terakhir. “Puncaknya terjadi, tanggal Senin 14 November 2022,” ucapnya.

Menurutnya, hujan yang deras mengakibatkan kondisi tanah di tebing itu menjadi labil dan mudah terbawa air.

“Karena hujan gak berhenti dari kemarin, tiba-tiba tadi sekitar pukul 12:00 WIB siang longsor menerjang rumah,” tuturnya.

Pasca kejadian, tambah dia, pihaknya bersama warga sekitar langsung terjun mengevakuasi material. “Rencananya besok rumah tersebut bakal diperbaiki,” pungkasnya.

(kus/b)

Loading...

loading...

Feeds

Bos Aquabike Kagumi Waduk Jatiluhur

RADARBANDUNG.ID, PURWAKARTA- Even internasional Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2 akan digelar di waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, 9 hingga …