Benahi Berbagai Domain, Disdik KBB Butuh Dukungan dari LSM Bidang Pendidikan 

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus berupaya melakukan pembenahan pada berbagai domain.


Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mendorong kemajuan pengelolalaan pendidikan. Terutama dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta didik, termasuk masyarakat.

Kepala Bidang PSD, Disdik KBB, Dadang A. Sapardan mengatakan, pihaknya bakal melakukan terobosan dan pembenahan pada berbagai domain sebagai upaya mendorong kemajuan pengelolaan pendidikan.

“Dalam pengelolaan persekolahan terdapat tiga hal yang harus menjadi perhatian utama dari setiap pemangku kepentingan, yaitu manajemen pengembangan sekolah, manajemen pembelajaran, dan peran serta masyarakat atau pemangku kepentingan,” katanya.

Ketiga domain tersebut, jelas dia, apabila terus dikembangkan untuk dapat diimplementasikan oleh setiap sekolah.

“Kemungkinan akan menjadi pemicu perbaikan pendidikan pada arah yang diharapkan selama ini,” jelasnya.

Menurutnya, upaya ke arah sana harus terus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk mendapat dukungan dari pihak eksternal, di antaranya mendukung dari Inspirasi yang merupakan LSM dengan konsentrasi pada bidang pendidikan.

“Seluruh pemangku kepentingan harus mendorong domain kunci keberhasilan pendidikan,” tuturnya.

Sementara itu, perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Inspirasi, Iin Rachmawati mengatakan, Inspirasi merupakan LSM yang menjadi bagian dari jaringan Global School Leaders (GSL).

“GSL merupakan kumpulan program yang berfokus pada kualitas kepemimpinan pendidikan seperti yang diimplementasikan di India, Malaysia, Brazil, dan Kenya,” katanya.

Untuk di Indonesia, terang dia, Inspirasi sudah dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota, antara lain Karawang, DKI Jakarta, Pemalang, Tegal, dan Sumbawa Barat Daya.

Menurutnya, guna memperluas jangkauan wilayah, pihaknya bakal meluaskan jaringan dengan harapan program Inspirasi dapat diimplementasikan di KBB sebagai salah satu kabupaten yang merupakan program pengembangan wilayah.

“Sebagai bagian dari program pengembangan, Inspirasi bermaksud mengembangkannya di Bandung Barat,” ucapnya.

(kus)

Loading...

loading...

Feeds

Bos Aquabike Kagumi Waduk Jatiluhur

RADARBANDUNG.ID, PURWAKARTA- Even internasional Aquabike World Championship Grand Prix Indonesia 2 akan digelar di waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, 9 hingga …