Kadisperindag Kabupaten Bandung: Pengembangan UMKM, Dukungan untuk G20

NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG
Kadisperindag Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah.

NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG Kadisperindag Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah menyebut pihaknya tengah berupaya menguatkan produk-produk UMKM.


Hal itu ia klaim sebagai bentuk dukungan konsep ekonomi berkelanjutan pada perhelatan Forum Group of Twenty (G20). “G20 ini, pak Presiden berjenjang, kabupaten/kota juga harus melaksanakan. Pertama mencintai produk dalam negeri,” kata Dicky, Selasa (20/9).

Dicky juga menyebut UMKM di wilayah kerjanya memiliki potensi yang sangat bagus untuk mendukung hal tersebut. Sebab, tak sedikit produk lokal Kabupaten Bandung telah diekspor ke luar negeri.

“Jadi kita berupaya menjaga produk dalam negeri ini bisa dimanfaatkan dan kembangkan,” ujarnya.

Lebih dari itu, Dicky mengatakan saat ini pihaknya juga berupaya menampung dan memasarkan produk-produk UMKM tersebut melalui e-katalog.

“Semua instansi harus membeli produk-produk UMKM. Sekarang e-katalog ada di daerah juga, tidak hanya di provinsi atau nasional,” katanya.

BACA JUGA: Dihantui Bahaya Banjir, Warga Lembang Keluhkan Buruknya Drainase di Kawasan Lembang 

Hingga saat ini, sambung Dicky, jumlah pelaku UMKM yang terdata oleh Pemkab Bandung, totalnya mencapai 15 ribu UMKM dengan berbagai jenis produk.

“Kia juga sedang berupaya membuat data base dengan mengklasifikasi UMKM yang ada di sentra-sentra desa. Agar UMKM ini naik kelas, tidak cukup sebagai pedagang tapi jadi pengusaha sampai jadi eksportir,” jelasnya.

Ia menegaskan, Pemkab Bandung akan totalitas memfasilitasi para pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan daya saing dalam ekonomi berkelanjutan.

“Kita akan fasilitasi sisi aspek kualitas kemasannya, standarisasi kualitas produksinya, labeling sampai perizinannya akan kita fasilitasi menuju IKM berdaya jual global,” tandas Dicky.

Diketahui, G20 merupakan forum yang membahas krisis dan menciptakan pertumbuhan ekonomi global yang kuat dan berkesinambungan. Pada 2022, Indonesia berkesempatan menjalankan peran menjadi tuan rumah dari perhelatan forum G20.

Negara yang tergabung dalam forum G20 yakni Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

(sir)

 

Loading...

loading...

Feeds

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …