Sebanyak 185 Korban Angin Puting Beliung Dapat Bantuan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga desa Cimenyan. FOTO: Diskominfo Kabupaten Bandung

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga desa Cimenyan. FOTO: Diskominfo Kabupaten Bandung

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Sebanyak 185 kepala keluarga korban angin puting beliung di Cimenyan beberapa waktu lalu, menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bandung, di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.


Bantuan itu disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung, bekerjasama dengan BPR Kertaraharja.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama mengatakan, bantuan sosial untuk para korban bencana angin puting beliung diberikan langsung dalam bentuk transfer ke rekening masing-masing keluarga penerima manfaat.

“Bansos untuk korban angin puting beliung ini salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung sebagai stimulan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena musibah,” kata Uka.

BACA JUGA: Peringati WCD, Bupati Bandung: Sampah Adalah Tanggung Jawab Bersama

Uka menyebut sasaran penerima bantuan sosial bencana angin puting beliung secara keseluruhan berjumlah sebanyak 185 kepala keluarga (KK), di antaranya 139 KK tersebar di Desa Mekarsaluyu dan 46 KK di Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan.

“Jumlah KK korban angin puting beliung yang terdata didasarkan pada hasil assessment BPBD dan verifikasi atau perhitungan dari Disperkintan Kabupaten Bandung. Itu semuanya dikategorikan rusak ringan, dan masing-masing menerima Rp 500.000/KK,” kata Uka Suska.

Dengan adanya bantuan ini, Uka berharap bisa digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para korban untuk memperbaiki rumah yang mengalami rusak ringan pada bagian atap genting rumahnya.

“Kita berharap ada peran serta dari masyarakat lainnya untuk saling membantu atau gotong royong. Termasuk ada peran aktif dari RT dan RW, untuk membangun kebersamaan dan saling membantu terhadap sesama. Jadi kerusakan ringan bisa ditangani oleh kewilayahan, dengan cara gotong royong,” katanya.

Selain pemberian bantuan berupa uang tunai, BPBD juga memberikan bantuan makanan siap saji, serta sejumlah peralatan kebersihan kepada para korban bencana alam tersebut.

“Kemudian dari Dinas Sosial juga turut membantu dalam penanganan korban angin puting beliung. Termasuk BPBD juga turut melakukan penebangan terhadap pohon-pohon yang membahayakan, karena bencana angin puting beliung bukan hanya terjadi kali ini pada Minggu 4 September 2022 lalu, tapi pada tahun 2021 juga sempat terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Cimenyan, Suparman Taryana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna beserta jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Bandung atas bantuan tersebut.

“Saya atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Bandung, BPBD dan Disperkimtan yang sudah membantu warga kami. Bantuan yang kami terima ini sangat bermanfaat, terutama bagi korban bencana angin puting beliung,” ucap Suparman.

(sir)

 

Loading...

loading...

Feeds

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …