Musim Penghujan, BPBD Imbau Masyarakat untuk Waspada


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama.

FOTO: Ist

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama. FOTO: Ist

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.


“Awal musim hujan diprakirakan mulai September 2022. Masyarkat agar meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi bila kondisi awan yang mungkin terjadi hujan deras dan angin kencang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Uka Suska Puji Utama, Minggu (18/9).

Oleh karenanya ia mengimbau bagi masyarakat yang berada atau bermukim di sekitar bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika air sungai meluap hingga menyebabkan banjir agar segera evakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Serta hindari badan sungai, karena dikhawatirkan terjadinya banjir bandang yang membawa material lumpur, sampah dan ranting-ranting pepohonan,” ucapnya.

BACA JUGA: Peringati WCD, Bupati Bandung: Sampah Adalah Tanggung Jawab Bersama

“Jika masyarakat yang berada diluar rumah hindari pohon besar, baliho/papan reklame, tiang listrik dan saluran air/gorong-gorong,” imbuhnya.

Selain meminta masyarakat meningkatkan kesiagaan, Uka juga mengungkapkan bahwa pihaknya tengah gencar memantau kondisi terkini di lapangan serta menginformasikan peringatan dini curah hujan dan tinggi muka air memasuki musim hujan.

“Selain itu, memastikan alat jalur evakuasi dan rambu-rambu bencana, hingga potensi wilayah terdampak bencana,” ungkapnya.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Bandung juga mengeluarkan peringatan dini potensi gerakan tanah menengah hingga tinggi pada musim penghujan di 26 kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Untuk itu kepada Lurah, Kepala Desa, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi tersebut saat curah hujan di atas normal,” pungkasnya.

(sir)

 

Loading...

loading...

Feeds