Bukan Hanya Sekedar Selebrasi Kemerdekaan tapi Implementasi dalam Karya

HORMAT : Berbagai lapisan masyarakat mulai dari ormas hingga pengguna jalan memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih, Rabu (17/8). PUTRA RAMADHAN/ RADAR BANDUNG

HORMAT : Berbagai lapisan masyarakat mulai dari ormas hingga pengguna jalan memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih, Rabu (17/8). PUTRA RAMADHAN/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bogalakon bersama komunitas, mahasiswa dari berbagai Universitas, Ormas, LSM yang juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan juga Kepolisian menggelar acara 3 menit penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih, juga pembacaan Sumpah Pemuda dan Pancasila dalam rangka peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia.


Acara tersebut dilakukan di perempatan Taman Dago. Menurut Ketua Umum Keluarga Besar Bogalakon, Adit Barli mengatakan diadakannya kegiatan ini atas keprihatinnya dengan kondisi Bangsa Indonesia saat ini.

“Atas dasar keprihatinan saya atas segala situasi yang terjadi di bangsa ini, juga untuk kembali mengingatkan arti daripada kita bersaudara. Kita juga harus memahami apa itu arti kebangsaan, dan tentunya sebagai bagian orang yang hidup di tanah Bandung perlu memahami apa arti Siliwangi, Silih Asah Silih Asih Silih Asuh,” katanya saat diwawancara Radar Bandung, Rabu (17/8).

Selain itu, acara ingin mempelihatkan bentuk lain bagaiman turun ke jalan. Jadi, bukan hanya bakar ban tapi juga berkarya bagi kehidupan.

“Tanpa disadari hal yang kami lakukan menjadi magnet dan pecutan untuk memunculkan potensi memlalui organisasi yang mereka miliki untuk terus ditampilkan.
Dilengkapi kegiatan mahasiswa, Bogalakon menghimbau generasi muda khususnya mahasiswa, dimana ini sebagai sebuah titik awal dimana terjadi perubahan budaya pergerakan mahasiswa ketika mereka ingin menyuarakan sesuatu,” ujarnya.

“Kami sarankan dan memberikan suatu bentuk yang lain untuk turun ke jalan, bukan hanya bakar bakar ban. Tapi, lebih ke ayo berkarya bagi kehidupan khususnya di Kota Bandung. Saya yakin Bandung itu kota yang kreatif. saya mencoba melalui generasi muda ini untuk menjadi agen perubahan menuju keseimbangan,” tambahnya.

Acara kali ini bertema Sketsa Bangsaku. Sebagai bentuk jawaban melewati zaman ini. Juga, Mengimplementasi arti kemerdekaan melalui berbagai karya mulai dari musik hingga kebudayaan.

“Sketsa Bangsaku mencoba menggambarkan kejadian yang dialami bangsa ini juga sebagai
bentuk jawaban kami bagaimana untuk melewati jaman ini, krisis ini. Tujuan lainnya adalah membangun dan menciptakan sesuatu yang akan menjadi daya tarik,” terangnya.

“Ini bukan hanya selebrasi biasa tapi mencari arti mengisi kemerdekaan ini. Implementasinya dilakukan dalam pameran yang berisi karya – karya. Sebab, seni menjadi ujung tombak dalam membangun nilai – nilai keseimbangan,” ucapnya.

BACA JUGA: Dilantik Menjadi Walikota, Ngatiyana Imbau ASN Fokus Bekerja

Harapan kedepannya bagi Indonesia, yakni adanya suatu perubahan sistem pendidikan yang hasilnya, membuat orang berani melangkah dan tidak takut akan kesalahan.

“Buat apa akibat sistem pendidikan yang dijauhkan dari salah. Slogan Bogalakon Hese Paéhna itu ayo berani untuk melangkah, jangan takut untuk salah karena salah pun punya nilai dalam kehidupan.
Kita tidak akan pernah paham benar, bila kita tidak tau salahnya,” tuturnya.

“Bukan mendorong untuk salah, tapi dengan beraninya nereka dalam untuk melakukan sesuatu itu akan menjadikan mereka mempunyai dasar kehidupan yang bukan didasari oleh ilmu yang katanya,” tambahnya.

Bogalakon merupakan sebuah wadah dan keluarga bersama yang bukan hanya sebuah wadah tapi juga menciptakan karya untuk membangun nilai kehidupan dan kebangsaan juga aware dalam sosialnya. Sebab, itu memacu generasi muda untuk melakukan suatu perubahan.

Wadah Bogalakon ini pun, menyadarkan bahwa manusia dalam hidup ini punya tugas, pasti punya lakon, tapi belum tentu jadi boga lakon. Ditambah menjadi satu bentuk memahami arti persaudaran dan indahnya kebersamaan.

(rrr)

Loading...

loading...

Feeds

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …