Telkom University Tak Benarkan Perayaan yang Dilakukan Mahasiswanya Hingga Menyebabkan Meninggal Dunia

PAPAN PEMBERITAHUAN: Papan pemberitahuan

PAPAN PEMBERITAHUAN: Papan pemberitahuan " Dilarang Berenang" di tepi Situ Techno, yang menjadi saksi bisu tenggelamnya seorang mahasiswa Tel-U. NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, DAYEUHKOLOT – Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis Telkom University, Anisah Firli membenarkan seorang mahasiswanya meninggal dunia akibat tenggelam di Situ Techno, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ia menyebut, mahasiswa tenggelam itu terjadi tersebut pada Kamis (11/8). Nasib malang itu dialami mahasiswa bernama Bagas Alif Fimaskoro, mahasiswa Studi D3 Jurusan Teknik Telekomunikasi.


“Perkiraan jam 6 sore. Jadi itu selepas aktivitas akademik di kampus. Mungkin itu mahasiswa dalam proses untuk keluar dari kampus. Memang terjadinya di danau sini,” ujar Anisah saat ditemui di dekat Situ Techno, Telkom University, Senin (15/8).

Namun, Anisah menyebut saat itu bukanlah proses perayaan mahasiswa usai sidang akhir. Ia berdalih hal itu merupakan inisiatif sejumlah mahasiswa. Terlebih, menurutnya selama ini tak ada tradisi di kalangan mahasiswa yang merayakan sidang akhir di kawasan situ techno, apalagi sampai menceburkan diri.

“Jadi kronologisnya, ini ada beberapa mahasiswa yang datang ke danau ini, nah itu variasi. Ada yang memang datang ke kampus itu menemui dosen, dan sebagainya. Kira-kira habis aktivitas akademik,” ungkapnya.

Anisah menjelaskan, saat itu sejumlah mahasiswa berkumpul di situ techno seusai melakukan sidang akhir. Kemudian, salah satu diantara mereka memilih menceburkan diri. Belakangan, diketahui bahwa mahasiswa tersebut tak bisa pandai berenang. Lantas, korban memutuskan turut menceburkan diri bersama dua teman lainnya dengan maksud menolong rekannya. “Yang menolong inilah, ternyata kemudian tidak terselamatkan nyawanya,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Bandung Hadirkan Pom Mini Minyak Goreng Curah Mudah dan Murah

Sebetulnya, sambung Anisah, hingga saat ini belum bertemu dengan mahasiswa. Meski begitu ia mengakui bahwa saat ini aktivitas di kampus mulai berlangsung. “Salah satunya memang kita kan kuliah hybrid. Jadi, memang ada beberapa mahasiswa yang datang ke kampus untuk melaksanakan kegiatan akademik,” ujarnya.

“Mungkin nanti pihak kepolisian bisa memberikan keterangan lebih lanjut,” imbuhnya.

Atas kasus tersebut, ia mengimbau kepada seluruh civitas akademika Telkom University untuk tidak melakukan kegiatan serupa, berenang di situ techno. “Biasanya danau ini dipakai untuk kegiatan-kegiatan UKM, itu pun dengan perlengkapan yang sangat lengkap. Jadi kami mengimbau kepada mahasiswa untuk tidak melakukan aktivitas serupa ke depannya,” tandasnya.

Kapolsek Dayeuhkolot, Kompol Tedi Rusman mengatakan saat menerima informasi usai kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak kampus dan mengecek ke lokasi kejadian.

“Saya beserta kanit reskrim dan jajaran anggota mengecek kebenaran informasi tersebut. Didapat informasi bahwa betul disini setelah saya berkoordinasi dengan pihak kampus bahwa ada kejadian tersebut meninggal seorang mahasiswa karena tenggelam,” katanya saat ditemui Radar Bandung, Senin (15/8).

Menurut keterangan saksi, lanjut Tedi, Bagas tenggelam saat menolong temannya bernama fikri yang terlebih dahulu menceburkan diri. “Kejadian tersebut sekitar jam 16.00 sampai lepas magrib. Disaat yang lainnya sudah bertepi di darat, saudara Bagas tertinggal, dilakukan pertolongan oleh satpam atas nama Dede Suhayan,” jelasnya.

Korban fikri dan bagas sempat dilarikan ke RS Bina Sehat. Saat itu, saudara bagas dinyatakan meninggal di RS bina sehat, sedangkan fikri bisa sadarkan diri dan dirujuk ke RS Sartika Asih. “Kondisi fikri sekarang informasi dari pihak kampus sudah dibawa pulang ke Tangerang, sedangkan Bagas telah dimakamkan pada Jumat (12/8) lalu.

(sir)

Loading...

loading...

Feeds

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …

Term Paper Writer Reviews

If you are looking for review of a writer for your term, there are several sites that offer this type …