KPU KBB Catat Puluhan Desa Masih Minim Internet

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat Adie Saputro. Hendra Hidayat/ Radar Bandung

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat Adie Saputro. Hendra Hidayat/ Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 44 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masuk kategori blank spotter.


Ketua KPU KBB, Adie Saputro mengatakan, pihaknya mendorong Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) KBB segera membangun infrastruktur internet di 44 sesar tersebut.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Diskominfotik tentang 44 desa yang blank spot. Alhamdulillah direspons dan memang akan dibuat infrastrukturnya secara berproses,” katanya.

Ia menambahkan, ketersediaan internet diperlukan untuk  menunjang dalam pelaksanaan sejumlah demokrasi.

“Salah satunya pada tahapan pemuktahiran data pemilih dan rekapitulasi online melalui aplikasi Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi,” jelasnya.

BACA JUGA: Sebanyak 760.000 Orang Sudah Vaksinasi Booster Pertama di Kota Bandung

Lebih lanjut ia mengatakan, pemutakhiran data pemilih melalui aplikasi dan melakukan aplikasi perhitungan melalui Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi.

“Jadi pada hari H penghitungan, semua KPPS akan melaporkan hasil pemungutan kepada website KPU. Langkah ini sangat membutuhkan dukungan jaringan internet. Ini bisa mempermudah perhitungan cepat atau Real Count,” tambahnya.

Ia menegaskan, 44 desa blank spot ini rata-rata berada di pedalaman dan jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Ia berharap pembuatan infrastruktur fiber optic itu bisa selesai maksimal 2023.

“Pembangunan infrastruktur di desa-desa ini salah satunya pemasaran jaringan fiber optik secara bertahap. Mudah-mudahan 2023 nanti segera selesai,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …