DP3AP2KB Kota Cimahi, Siap Dampingi Korban Begal Payudara

Kantor DP3AP2KB Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Kota Cimahi. (FOTO: AGUNG EKO SUTRISNO/RADAR BANDUNG)

Kantor DP3AP2KB Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Kota Cimahi. (FOTO: AGUNG EKO SUTRISNO/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Menyikapi peristiwa begal payudara yang terjadi di Jalan Cibeureum, Kota Cimahi. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), siap mendampingi korban.


Aksi pelecehan seksual begal payudara oleh seorang lelaki beraksi di Kota Cimahi. Pelaku menyasar korban seorang remaja putri berinisial I (18), yang sedang berjalan ke warung.

Video amatir berisi rekaman peristiwa tersebut viral di media sosial (medsos). Informasi yang dihimpun menyebutkan aksi begal payudara itu terjadi di Jalan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (2/8) sekitar pukul 20.00 WIB.

Setelah kejadian itu, pelaku sempat diamankan dan dihakimi warga. Pelaku diinterogasi ke kantor RW. Namun akhirnya pelaku yang merupakan warga Cibeureum, Kota Cimahi itu dilepaskan.

BACA JUGA: Sebanyak 760.000 Orang Sudah Vaksinasi Booster Pertama di Kota Bandung

Menyikapi peristiwa tersebut, Plt Kepala Dinas DP3AP2KB, Fitriani Manan mengatakan, pihak DP3AP2KB siap membantu pendampingan korban kekerasan seksual, baik untuk pelaporan polisi maupun pemulihan trauma.

“Kita terbuka untuk membantu tanpa biaya pendampingan korban kekerasan di Cimahi, baik untuk pendampingan hukum dan kesehatan korban, termasuk pada kasus begal payudara. Karena kita juga kerjasama dengan dokter kepolisian dll,” ucapnya, (5/8/2022).

ia melanjutkan, selama ini kasus pelaporan kekerasan seksual di Kota Cimahi terpantau meningkat dibanding tahun sebelumnya. Menurut data kekerasan seksual terdapat 17 laporan sampai dengan bulan Juli 2022.

“Dari laporan yang kami terima terdapat 17 kasus kekerasan seksual yang terlapor, kesulitan kami selama ini salah satunya, korban terkadang malu setelah mendapat pelecehan sehingga tidak melapor,” tuturnya.

Kendala tersebut, menurut Fitri, coba dinas tangani dengan Pojok Layanan Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak (OJOL MUDA) yang baru dilaksanakan Tiga kelurahan.

“Sebagai pilot project implementasi OJOL MUDA yaitu Kelurahan Cibabat (Cimahi Utara), Kelurahan Cigugur Tengah (Cimahi Tengah) dan Kelurahan Utama (Cimahi Selatan). Layanan yang diberikan antara lain pelayanan penerimaan pengaduan, pengelolaan kasus, pendampingan, mediasi dan edukasi, “ ucapnya.

Fitri menambahkan, adanya OJOL MUDA semoga bisa menjembatani masyarakat dengan pemerintah mengenai, penanganan tingkat kekerasan seksual di Kota Cimahi.

“Kita siap membantu korban kekerasan seksual, jika ada kasus segera laporkan agar kami bantu,” pungkasnya. (Kus)

Loading...

loading...

Feeds

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …