Pemkab Bandung Akan Pulihkan Ekonomi dengan Program Pinjaman Dana Bergulir

SOSIALISASI: Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat menghadiri Bunga Desa ke 10 di Desa Rawabogo, Kecamatan Rancabali, pada hari Rabu (3/8) lalu. HUMAS PEMKAB BANDUNG

SOSIALISASI: Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat menghadiri Bunga Desa ke 10 di Desa Rawabogo, Kecamatan Rancabali, pada hari Rabu (3/8) lalu. HUMAS PEMKAB BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung menghadirkan sejumlah program unggulan. Salah satunya dengan program pinjaman dana bergulir tanpa bunga. Percercepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemi dianggap sebagai faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kabupaten Bandung.


Pandemi Covid-19, merupakan momen merupakan momen perjuangan bagi seluruh masyarakat, tak terkecuali dalam dunia usaha, apalagi pada pemulihan pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Setidaknya dalam dua tahun terakhir, banyak usaha yang lesu dan terjatuh akibat digebuk pagebluk.

Namun dengan adanya program pinjaman dana bergulir oleh Pemkab Bandung, diharapkan pemulihan di sektor usaha tersebut mampu kembali bangkit. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung, Dadang Supriatna dalam kegiatan Bunga Desa ke 10 di Desa Rawabogo, Kecamatan Rancabali, pada hari Rabu (3/8) lalu.

“Dengan adanya program pinjaman dana bergulir tanpa bunga dengan sasaran para pelaku UMKM atau warungan, program tersebut digulirkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencegah maraknya bank Emok di kabupaten Bandung” ungkapnya.

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Masih Gencar Vaksinasi Booster

Ia berharap masyarakat dan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya. “Bagi yang ingin mendapatkan pinjaman dana bergulir tanpa bunga tersebut, khususnya untuk para pelaku usaha, bisa mengusulkan ke BPR Kertaraharja karena Pemkab Bandung sendiri sudah mengucurkan anggaran untuk program ini,” imbuhnya.

Direktur utama PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja H. Aep Hendar Cahyad menyebut, PT BPR Kertaraharja sebagai salah satu bank yang ditunjuk sebagai pengelola, berkomitmen untuk mensukseskan program penyertaan modal tanpa agunan dan tanpa bunga. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan bantuan modal bagi para pelaku UMKM.

“Kami, BPR Kertaraharja saat ini memiliki 10 cabang yang tersebar di kabupaten Bandung yang menyalurkan dana bergulir tanpa jaminan dan tanpa bunga,” ungkapnya.

“BPR Kertaraharja sudah menggulirkan dana untuk sekitar 7500 orang se-kabupaten Bandung, dari target yang pertama sekitar Rp 25 Miliar yang dianggarkan, sudah tercapai 75 persen, sudah dicairkan Rp 14,5 Miliar”, imbuhnya.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah, Ketua Perkumpulan Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM), Danny S. Hidayat mengapresiasi dan menyambut baik program tersebut. “Pada dasarnya kami sangat mengapresiasi program yang kerap disebut sebagai program unggulan dari pak Bupati,” katanya saat dihubungi Radar Bandung, Jumat (5/8).

Meski begitu, ia mengaku sosialisasi terkait program dana bergulir yang dirasa masih kurang dipahami oleh sejumlah masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM. Terlebih lagi dengan sosialisasi tata cara pengelolaan keuangan, yang dinilai masih banyak masyarakat belum mengerti.

“Mungkin catatan dari kami itu adalah sebelum dilakukan pemberian dana bergulir tersebut, terlebih dulu disosialisasikan dan diberi pemahaman kepada masyarakat. Jangan sampai karena ketidak mampuan masyarakat dalam mengelola, dana tersbut malah menjadi dan konsumtif,” pungkasnya. (sir)

 

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …