Pemerintah Akan Prioritaskan Vaksin Dosis Keempat untuk Nakes

VAKSINASI: Tenaga Kesehatan (Nakes) memberi vaksin ke warga Kabupaten Bandung. Hingga saat ini Pemerintah Daerah terus berupaya untuk memenuhi target vaksinasi Covid-19. //FOTO: HUMAS PEMKAB BANDUNG//

VAKSINASI: Tenaga Kesehatan (Nakes) memberi vaksin ke warga Kabupaten Bandung. Hingga saat ini Pemerintah Daerah terus berupaya untuk memenuhi target vaksinasi Covid-19. //FOTO: HUMAS PEMKAB BANDUNG//

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mulai menjalankan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau Booster kedua sejak Jumat (29/7) lalu. Penerima vaksin tersebut terlebih dulu difokuskan pada tenaga kesehatan (Nakes) di seluruh Indonesia.


Di Kabupaten Bandung, vaksinasi Covid-19 dosis keempat juga telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bandung. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung, Wiwiet Widiastuti.

Ia menjelaskan, saat ini pemberian vaksin booster kedua masih diprioritaskan untuk para sumber daya manusia kesehatan (SDMK) atau nakes. Selain itu, lokasi vaksinasi juga hanya dilakukan di RSUD. Sebab pada bulan Agustus ini, seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan sejumlah sentra vaksin lainnya tengah berfokus pada pemenuhan target vaksin dosis pertama hingga ketiga.

“Disamping itu, Puskesmas juga sedang melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Sementara untuk vaksin dosis 1,2 dan 3 masih terus kita lakukan, karena untuk dosis 3 baru mencapai 36, 81 persen dan kami punya target 50 persen sampai dengan akhir Agustus,” jelasnya saat dihubungi Radar Bandung, Rabu (3/8).

BACA JUGA : PLN UP3 Cimahi Akui Tiang yang Roboh Akibat Pondasi Kropos

Oleh karena itu, pemberian vaksinasi dosis keempat masih difokuskan pada para nakes. Sementara untuk masyarakat umum, masih dalam proses pemenuhan target vakasinasi Covid-19 dosis pertama hingga ketiga.

Menurut Wiwiet, belum tercapainya target vaksinasi di Kabupaten Bandung disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satu faktor utamanya, ialah masyarakat yang agak terlena dengan situasi pandemi, yang beberapa waktu terakhir menunjukkan tren penurunan kasus.

“Sehingga, masyarakat mungkin merasa cukup dan aman, jadi perhatiannya juga ikut menurun. Kemudian kebijakan relaksasi syarat-syarat untuk mengakses pelayanan umum yang sempat diberlakukan beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Maski begitu, ia menyebut pihaknya tak henti melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi dalam penanggulangan pandemi Covid-19 kepada seluruh masyarakat. Terlebih saat ini, aturan kembali diperketat oleh pemerintah pusat, yaitu pemberlakuan wajib vaksin dosis 3 bagi masyarakat yang hendak mengakses sejumlah fasilitas dan ruang publik.

“Sosialisasi dan himbauan terus dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak, berbagai cara, bahkan di semua tingkatan. Kami yakin masyarakat tentu memahami manfaat vaksin serta dampaknya terhadap penanggulangan pandemi. Oleh karena itu kami berharap bulan Agustus ini bisa mencapai terget yang ditentukan,” pungkasnya.

(sir)

 

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …