Agung Budi Santoso: Pentingnya Empat Pilar Sebagai Jati Diri Indonesia

HABIBIE/ RADAR BANDUNG

SOSIALISASI: Anggota DPR/MPR RI, Agung Budi Santoso (ABS) saat memberikan materi di dalam sosialisasi empat pilar di Bandung, kemarin.

HABIBIE/ RADAR BANDUNG SOSIALISASI: Anggota DPR/MPR RI, Agung Budi Santoso (ABS) saat memberikan materi di dalam sosialisasi empat pilar di Bandung, kemarin.

POJOKBANDUNG.id, CIMAHI – Anggota DPR/MPR RI, Agung Budi Santoso (ABS) terus berupaya menjaga jati diri sebagai waga berbangsa Indonesia.


Melalui kegiatan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, politisi Partai Demokrat ini memberikan pemahaman Pancasila kepada konstituen dan masyarakat umum salah satunya para ketua RW yang ada di Kota Bandung.

“Seperti yang saya sudah katakan, bahwa kegiatan empat pilar ini dasarnya bukan untuk mengajarkan, namun untuk mengingatkan kembali ke masyarakat jati diri Indonesia, yaitu kita punya empat pilar dasar penyokong kehidupan berbangsa yaitu, pancasila, UUD, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Agung Budi Santoso atau yang akrab di sapa ABS di Pemkot Bandung, Senin (1/8).

BACA JUGA: Rampung di Produksi, Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Dikirim ke Indonesia

Menurutnya, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dari setiap individu perlu ditanamakan sedari dini bahkan dimana tempat dipijak. “Sehingga ketika seseorang itu tumbuh dewasa, sudah memiliki rasa persatuan yang bakal menjadikan bangsa ini tetap kuat,” kata ABS

Untuk saat ini, ABS bersama Partai Demokrat berupaya menghalau terjadinya perpecahan antar sesama lantaran adanya perbedaan baik dari sisi RAS, agama hingga perbedaan pendapat.

“Makanya dari sosialisasi empat pilar kebangsaan ini saya selalu mengajak masyarakat agar tetap bijak ketika menyikapi suatu masalah, baik di lingkungan sendiri maupun yang menimpa negara kita,” jelas Agung.

Seiring memberikan sosialisasi pihaknya dari Demokrat juga tak lepas dari keluhan dan masukan aspirasi dari masyarakat. Sebab momen soialisasi empat pilar juga bisa dipandang sebagai menjadi ajang tukar informasi.

Untuk menjawab aspirasi tersebut ia pun didampingi oleh empat anggot DPRD Kota Bandung dan ketua DPC Kota Bandung.

“Karena itu saya sangat senang sekali bisa didampingi oleh anggota dewan, karena saya selalu menyerap aspirasi warga apabila ada anggot dewan hal-hal tersebut bisa langsung disampaikan apalagi sesuai dengan dapil dan komisinya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Cara Cek NIK KTP Online Bandung Barat, Tak Perlu Repot ke Disdukcapil

Karena menurutnya, selama ini ada kebuntuan komunikasi, dengan adanya forum sosialisasi mpat pilar ini dan membuat bertemunya antara ketua RW yang ada di Kota Bandung, membuat jaringan komunikasi baru terbuka antara sesama warga juga anggota dewan.

Ketua DPC Demokrat Kota Bandung Aan Andi Purnama mengatakan, dengan adanya bonus demografi atau usia muda membuat pengingat empat pilar ini menjadi salah satu hal yang penting untuk disoialisasikan kepada anak muda salah satunya seperti karang taruna.

Ia mengatakan perlu adanya pendampingan kepada anak muda yang akan melanjutkan tongka estafet menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara sesuai empat pilar.

Menurutnya selama ini pemahaman masyarakat terhadap program pemerintah mungkin tidak sesuai dengan harapan karena ada skala prioritas yang harus di jalankan.

“Kedepannya bisa membawa forum RW ini di tingkat kewilayahan agar bisa lebih tau kebutuhan masyarakat dengan lebih meningkatkan kerja sama dengan para ketua RW di kota Bandung,” ujarnya.

Arini Ayu Susanti Anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi Demokrat menambahkan dengan banyaknya merosotnya nilai-nilai dari empat pilar ini, membuat sosialisasi untuk ini penting utuk kembali diingatkan, terlebih di tingkat RW.

“Apabila ada kendala komunikasi, kami dari Partai Demokrat siap membuka penuh pintu untuk menjalin komunikasi kepada masyarakat untuk bisa datang ke fraksi Demokrat Bandung,” ujarnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …