Antisipasi Kesalahan Pemasukan Data, BPKAD Kota Cimahi Launching Aplikasi On-Guard

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi launching aplikasi On- Guard, bertempat di gedung Pemerintahan Kota Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah,  Kita Cimahi
BPKAD Launching Aplikasi On-Guard. AGUNG EKO SUTRISNO/RADAR BANDUNG

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi launching aplikasi On- Guard, bertempat di gedung Pemerintahan Kota Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kita Cimahi BPKAD Launching Aplikasi On-Guard. AGUNG EKO SUTRISNO/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Antisipasi kesalahan dalam penginputan kode rekening dan pagu anggaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi launching aplikasi On- Guard, bertempat di gedung Pemerintahan Kota Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah,  Kita Cimahi, pada 26 Juli 2022.


Aplikasi On-Guard tersebut dibuat guna antisipasi kesalahan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penginputan kode rekening dan pagu anggaran, merubah target kinerja, serta terjadinya pengajuan usulan yang berulang-ulang dan sebagainya, sehingga dalam prosesnya menjadi tidak efisien.

Kepala BPKAD Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, momentum pergeseran anggaran kerap dimanfaatkan OPD untuk melakukan perubahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), dalam rangka penyesuaian dengan perubahan kondisi dan kebutuhan daerah pada tahun berjalan.

“Pergeseran anggaran yang tidak efisien dapat mengganggu jadwal penyusunan dokumen penganggaran,” ucapnya (27/7)

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Dapat 607 Kuota untuk Formasi PPPK

Menurutnya, pada tahun 2020 terjadi tujuh kali pergeseran anggaran yang disebabkan refocusing anggaran dalam upaya Pemkot Cimahi guna mengatasi pandemic covid yang saat itu sedang merajalela.

“Kemudian pada tahun 2021, meskipun pergeseran anggaran tidak lagi sebanyak di tahun 2020. Namun, prosesnya berjalan sangat lama sehingga menyebabkan keterlambatan pembukaan tahapan penyusunan dokumen KUPA PPA Perubahan tahun 2021,” sebutnya.

Ia menilai, keterlambatan penyusunan dokumen anggaran menjadi point yang disupervisi oleh MCP Korsupgah KPK.

“Oleh karenanya, seluruh komponen yang menghambat proses penyusunan penganggaran harus betul-betul dikendalikan dengan baik,” ujarnya.

Atas dasar hal tersebut, sebut dia, maka BPKAD Kota Cimahi melakukan upaya Pengendalian Pergeseran Anggaran (PA) dengan membuat aplikasi pergeseran anggaran yang berfungsi untuk membantu mengendalikan proses pergeseran anggaran.

“Termasuk, membantu memfasilitasi OPD yang memang betul-betul memerlukan pergeseran anggaran untuk menyesuaikan DPA SKPD-nya dengan kondisi yang terkini,” ucapnya.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan inovasi dari Pemkot Cimahi, dan diberi nama Sistem Aplikasi Pergeseran Anggaran (SIAGA) yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi “On-Guard”.

“Aplikasi ini mengendalikan serta menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran,” jelasnya.

Dengan Aplikasi On-Guard, ungkap dia, usulan pergeseran anggaran diajukan SKPD dengan menginput usulan melalui aplikasi yang telah dilengkapi standar biaya/standar harga dan kode rekening.

“Selanjutnya usulan tersebut bakal diverifikasi oleh TAPD secara online untuk mendapatkan rekomendasi persetujuan,” pungkasnya. (kus)

Loading...

loading...

Feeds