Dishub KBB Terapkan 129 CCTV di 50 Titik ATCS

SUASANA: Ruangan Command Centre Room Dishub KBB yang digunakan sebagai Automatic Traffic Control System. HENDRA HIDAYAT/ RADAR BANDUNG

SUASANA: Ruangan Command Centre Room Dishub KBB yang digunakan sebagai Automatic Traffic Control System. HENDRA HIDAYAT/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH –  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan segera mengaktifkan sistem Pusat Pemantauan dan Pengendalian Lalulintas (P3L) atau Automatic Traffic Control System (ATCS) guna memantau arus lintas di sejumlah titik.


Sistem yang didukung oleh 129 CCTV yang terpasang pada 50 titik persimpangan dan ruas jalan di KBB ini memungkinkan melakukan pemantauan dan menganalisa kondisi lalu lintas dan kendaraan yang melintas secara real time.

Kepala Dishub KBB, Lukmanul Hakim mengatakan, ATCS ini berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas dan pergerakan mobilitas kendaraan angkutan baik pribadi ataupun umum.

Saat ini pihaknya telah memasang 129 kamera pengawas CCTV di 55 titik di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Diperlukan untuk pemantauan dan pengendalian dengan melihat monitor yang ada kita bisa memantau kondisi lalulintas,” katanya, Selasa (26/7).

BACA JUGA : Dispangtan Kota Cimahi, Tunggu Petunjuk Teknis Kompensasi Kerugian PMK

Ia menambahkan, dengan memantau kondisi lalulintas pihaknya bisa melakukan tindakan jika terjadi kepadatan lalulintas.

“Melalui radio kita langsung memerintahkan kepada petugas URC kita untuk melakukan penanganan ke lapangan,” jelasnya.

Khususnya dalam proyek ATCS yang merupakan bantuan dari Pemprov Jabar karena nilainya mencapai Rp19 miliar.

Lebih lanjut ia mengatakan, CCTV tersebut beroperasi 24 jam dan hal tersebut membantu juga memantau kondisi keamanan dari tindakan kriminalitas.

“Sabtu dan Minggu juga ada yang petugas yang standby untuk memastikan kondisi lalulintas terkendali,” katanya. (kro/b)

Loading...

loading...

Feeds