Pelaku Curanmor Spesialis Mobil Pick Up Dibekuk Polresta Bandung

MENGECEK: Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat mengecek barang bukti yakni mobil pick up yang berhasil diamankan bersama empat pelaku curanmor. Senin (25/7).

MENGECEK: Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat mengecek barang bukti yakni mobil pick up yang berhasil diamankan bersama empat pelaku curanmor. Senin (25/7).

POJOKBANDUNG.com, PACET – Di mana kayu bengkok di sanalah musang meniti, agaknya peribahasa tersebut tepat menggambarkan aksi empat pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) roda empat khusus pick up yang berhasil dibekuk jajaran Polsek Pacet Polresta Bandung.


Secara sistematis keempat pelaku berbagi peran menggondol mobil-mobil korbannya. Tersangka DH (45) sebagai pemantau situasi, DN (37) yang mengeksekusi, lalu JS (26) sebagai pengendara dalam aksi, dan ES (39) merupakan penadah atau yang menerima hasil curian. Tak ayal dengan cara seperti itu, mereka berhasil menggasak sedikitnya empat mobil pick up dalam kurun waktu hanya satu bulan yakni, tanggal 2, 10, 14, dan 20 Juli 2022.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo dalam konferensi pers di Mapolsek Pacet mengatakan, para pelaku tersebut melancarkan aksinya setelah memantau dan memastikan sasaran kendaraan aman. “Mereka melakukan aksi dengan merusak kendaraan korbannya menggunakan peralatan yang telah disiapkan diantaranya, kunci leter T dan sejumlah anak kunci T,” ujar Kusworo, Senin (25/7).

Kendaraan yang berhasil dibawa kabur, lanjut Kusworo merupakan kendaraan yang dianggap gampang untuk dibawa kabur dan tidak dilengkapi dengan pengamanan seperti kunci ganda. “Tiga diantar mobil pick up adalah kendaraan yang terparkir di pinggir jalan dan satunya di dalam garasi, namun garasi tersebut dalam keadaan tidak terkunci, sehingga para pelaku berhasil membawanya,” imbuhnya.

Kusworo juga menuturkan bahwa, aksi keempatnya baru diketahui pihaknya setelah pada tanggal 20 Juli 2022, jajaran Polsek Pacet menerima aduan korban yang juga warga Kabupaten Bandung. Barulah setelah aduan tersebut, pihaknya menindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan.

“Dalam proses tersebut, kami berhasil mendapatkan identitas pelaku, serta barang bukti sehingga kami bisa mengamankan keempat tersangka ini, yang melancarkan aksinya dengan menggunakan satu kendaraan mobil Honda Brio, yang juga kami amankan sebagai barang bukti,” tutur Kusworo.

BACA JUGA: Khawatir Tularkan Virus, Ade Yasin Kembali Ikuti Sidang Virtual

“Dari ketiga pelaku, satu diantarnya merupakan residivis yang sudah tiga kali masuk penjara, ini yang keempat kalinya. Kemudian, dua lainnya juga residivis sudah pernah sekali tertangkap,” jelasnya.

Selain itu, lantaran melakukan perlawanan kepada petugas kepolisian saat hendak diamankan, para pelaku terpaksa harus merasakan timah panas menghujam ke arah kaki. “Ketika ditangkap, melakukan perlawanan yang dianggap membahayakan masyarakat dan petugas, maka dilakukan penindakan ancaman kejahatan seketika dengan dilakukan tembakan ke arah kaki yang melumpuhkan,” kata Kusworo.

Dalam ungkap kasus ini, selain berhasil meringkus para pelaku, jajaran Polsek Pacet juga mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya, 4 unit mobil pick up hasil curian, 1 unit mobil brio sebagai kendaraan saat melakukan aksi, serta 1 kunci leter T, 7 buah anak kunci T, 3 socket kontak starter kendaraan roda empat, dan 3 unit telepon genggam.

“Dengan ini, pelaku dikenakan pasal 363 KUHAP karena merusak diwaktu malam hari, dan 480 KUHAP karena pendahan hasi curian. Atas perbuatannya itu pelaku mendapat ancaman hukuman minimal 7 tahun, namun penjelasan bahwa yang bersangkutan merupakan residivis juga akan kami lampirkan, guna membantu penguatan putusan hakim untuk menambah masa hukuman pelaku,” terang Kusworo.

Atas kejadian ini pula Kusworo mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk lebih waspada, dengan cara melakukan sistem keamanan kunci ganda disetiap kendaraan yang dimiliki. Hal tersebut guna meminimalisir dan menyulutkan para pelaku kejahatan untuk melakukan aksi serupa. (sir)

Loading...

loading...

Feeds

Menjajal Kecanggihan Wuling Air ev

Menjajal Kecanggihan Wuling Air Ev

POJOKBANDUNG.com – Wuling Motors (Wuling) tancap gas dengan mulai me-launching mobil listrik Air ev di pasar global. Indonesia menjadi negara …