Target Beroperasi Tahun Depan, Ini Progres Proyek KCJB Sepanjang Semester 1 2022

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus dikebut. Berbagai upaya percepatan pembangunan dilakukan untuk memenuhi target operasional pada Juni 2023.


Enam bulan pertama atau semester pertama tahun 2022 sudah dilewati. Sejumlah progres pembangunan proyek KCJB berhasil dicapai.

Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan pihaknya bersama kontraktor berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan percepatan pembangunan. Dwiyana pun meminta dukungan pada masyarakat agar pengerjaan proyek KCJB bisa berjalan lancar.

“Mohon dukungannya agar proyek KCJB ini bisa segera menyapa dan melayani masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Berikut ini adalah beberapa pencapaian proyek KCJB sepanjang semester 1 Tahun 2022:

1. 13 Tunnel Berhasil Ditembus

Memasuki tahun 2022, proyek KCJB menyisakan 3 tunnel yang masih dalam proses penggalian. Ketiga tunnel tersisa yang terdiri dari Tunnel #2, Tunnel #4, dan Tunnel #6 termasuk dalam konstruksi dengan tingkat kesulitan tinggi.

Namun dengan berbagai upaya kolaborasi, seluruh Tunnel KCJB berhasil ditembus. Pada 22 Februari 2022, Tunnel #6 Method (NATM) berhasil tembus. Disusul dengan Tunnel #4 pada awal April 2022. Kemudian pada 17 Juni 2022, Tunnel #2 yang sempat menjadi kendala tersulit selama proyek KCJB berjalan, berhasil ditembus.

2. Produksi Slab Track Rampung

Pada pertengahan Mei, kebutuhan slab track atau bantalan rel beton untuk proyek KCJB tuntas diproduksi. Penyelesaian ini bahkan lebih cepat dari target yang ditetapkan.

Penyelesaian produksi bantalan rel beton ini mendukung kelancaran Track Laying KCJB dan berdampak positif terhadap upaya percepatan pembangunan KCJB.

3. Pemasangan Rel KCJB Mulai Berjalan

Pada pertengahan April 2022, kontraktor KCJB mulai melakukan pemasangan rel atau track laying KCJB dari arah Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung. Proses track laying dilakukan secara bertahap dan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

4. Struktur Layang dari CY #1 Arah Jakarta dan Bandung Sudah Terhubung

Pemasangan Girder Box dari Casting Yard #1 (CY #1) di Cikarang Barat arah Jakarta sudah rampung pada 24 Juni 2022. Sebelumnya pemasangan Girder Box dari CY #1 arah Bandung rampung pada 28 Mei 2022. Total sebanyak 1.018 girder box sudah diproduksi dan selesai dipasang dari CY#1.

5. Struktur Layang dari CY #4 ke Arah Bandung Sudah Tersambung

Dari Casting Yard #4 yang berlokasi di Kopo, Bandung, proses pemasangan girder box arah Bandung sudah selesai pada akhir Mei lalu. Adapun proses pemasangan girder box arah Jakarta dari CY#4 diprediksi akan rampung pada September mendatang. Hingga saat ini tersisa 51 Girder Box yang belum terpasang.

6. Produksi EMU dan CIT Telah Rampung

Di awal April 2022, PT KCIC menyampaikan seluruh rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) yang berjumlah 11 unit dan satu unit Comprehensive Inspection Trai (CIT) atau Kereta Ukur sudah selesai diproduksi di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok. Seluruh rangkaian EMU dan CIT KCJB ini, rencananya akan mulai dikirim ke Indonesia di Semester 2 tahun 2022.

7. Preloading SG7B hingga SG14 Selesai

Progres pembangunan juga terlihat di sisi subgrade. Pada 26 Juni 2022, kontraktor telah berhasil melakukan pekerjaan preloading dari Subgrade 7 hingga Subgrade 14 dengan volume mencapai 99.329 m3. (dbs)

Loading...

loading...

Feeds