Tujuh Checkpoint PMK buat Penjual Ternak Tenang

Penjual hewan kurban Simpati Warga Farm, menjajarkan hewan kurban. AGUNG EKO SUTRISNO/RADAR BANDUNG

Penjual hewan kurban Simpati Warga Farm, menjajarkan hewan kurban. AGUNG EKO SUTRISNO/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sebagai upaya pencegahan virus penyakit mulut dan kuku (PMK), Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, menyiapkan tujuh check point pemeriksaan PMK di perbatasan kota.


Pemilik Simpati Warga Farm Kota Cimahi, Adi Supriadi mengatakan jika check point yang diadakan. Sangat membantu penjual hewan kurban mendapatkan hewan sehat.

“Sekarang kalau beli hewan kurban dari Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, jadi lebih hati-hati, karena PMK. Karena kalau satu aja terpapar, takut rugi jika kena hewan yang lain, bisa bangkrut bisnis musiman ini,” ucap Adi, Kamis (30/6/2022).

Ia menjelaskan modal bisnis hewan kurbannya tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya penyakit PMK membuat harga kambing naik 700 ribu.

“Modal sekarang naik karena PMK, kebayangkan ditengah harga naik dan belum tentunya konsumen tahun ini. Sehingga kalau lalu lintas hewan tidak dicek, kita takut rugi besar,” tuturnya.

BACA JUGA: Penggunaan MyPertamina, Petugas SPBU Masih Bingung

Adi berharap pengecekan hewan di checkpoint, bisa efektif mengurangi tingkat PMK di Kota Cimahi.

“Terakhir saya dapat info, beberapa pengiriman masih aman, tidak ada yang terpapar. Semoga efektif kasian ke penjual hewan yang ada di Cimahi,” ucapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Cimahi, Asnadi Junaedi, mengatakan checkpoint tersebut disiapkan karena menjelang Idul Adha, arus lalu lintas hewan ternak dari luar daerah ke Cimahi, diprediksi bakal meningkat.

“Di check point akan dicek surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), kalau sakit atau terindikasi PMK akan diputar balik,” ujarnya.

Asnadi mengatakan, pemeriksaan hewan kurban oleh petugas dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi itu bakal dilakukan terus-menerus sampai waktu penyembelihan pada Idul Adha nanti.

“Nanti bisa diketahui hewan mana yang boleh disembelih dan mana yang tidak, karena bukan hanya PMK tapi juga penyakit lainnya,” kata Asnadi.

BACA JUGA: Benahi Organisasi, Kabupaten Bandung Lantik 249 PNS

Dia mengatakan, pemeriksaan tersebut perlu dilakukan karena menjelang Idul Adha nanti, sebanyak 1.370 ekor hewan ternak jenis sapi dan domba akan masuk ke Kota Cimahi.

Sedangkan ketersediaan hewan ternak di Kota Cimahi hingga saat ini hanya ada 1.600 ekor. Sehingga jumlah tersebut belum memenuhi kebutuhan untuk Idul Adha.

“Peredaran hewan kurban di Cimahi juga harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu oleh Dispangtan Kota Cimahi. Hal ini untuk menghindari masyarakat membeli hewan kurban yang terpapar PMK,” ucapnya.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …