Kota Cimahi Puncaki Klasemen Pengangguran Terbanyak di Jabar

PELATIHAN: Sebanyak 20 orang peserta pelatihan Bahasa Jepang Disnaker Cimahi, diberangkatkan ke Jepang untuk Bekerja. AGUNG EKO SUTRISNO /RADAR BANDUNG

PELATIHAN: Sebanyak 20 orang peserta pelatihan Bahasa Jepang Disnaker Cimahi, diberangkatkan ke Jepang untuk Bekerja. AGUNG EKO SUTRISNO /RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Tingginya jumlah pengangguran di kota Cimahi dalam posisi pertama kota Cimahi berada di posisi pertama dalam daftar tingkat pengangguran terbuka Kabupaten dan Kota di Jawa Barat pada 2021, dengan presentasi 13,07 persen berdasarkan data Badan Pusat Statistik.


Instruktur Muda Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi, Sodikin mengatakan jika Disnaker menyadari jika tingginya data pengangguran pada 2021 di Kota Cimahi. Hal ini diakibatkan oleh Covid 19 yang melanda CImahi.

“Dampak dari Covid 19 selama inikan cukup tinggi, tapi data ini kalau sekarang disensus kembali, mungkin tidak sebanyak itu datanya. Karena sekarang kita melakukan banyak pelatihan dari LPK, BKK dari januari sampai bulan Mei, terdata sudah 788 yang ditempatkan kerja oleh kita,” ucapnya, Kamis (30/6/2022).

BACA JUGA: Prinsip Transparansi Keadilan, Cegah Kecurangan di PPDB Kota Bandung

Ia menjelaskan selama ini kendala dalam mengentaskan pengangguran di Kota Cimahi, salah satunya adalah informasi pekerjaan yang belum tersampaikan dengan efektif ke seluruh masyarakat.

“Kendalanya sekarang, informasi yang belum tersampaikan dengan efektif, selain itu terkadang kita membuat lowongan pelatihan pekerjaan banyak warga motivasinya kurang yang mengundurkan diri sebelum bekerja,“ tutur Sodikin.

Pihak Disnaker terus berupaya menangani pengentasan pengangguran di Kota Cimahi, selain membuat aplikasi lowongan pekerjaan Sidakep Tri. Sodikin mengatakan Disnaker banyak membuat pelatihan.

“Kita membuat pelatihan kerja, yang sudah berjalan sekitar 20 remaja di Cimahi diberangkatkan ke Jepang untuk bekerja. Selain itu pelatihan menjahit juga kita selalu salurkan untuk bekerja di perusahaan garmen di Cimahi, masalahnya kadang motivasi masyarakat kurang sehingga tidak tuntas sampai bekerja saat mengikuti pelatihan,” tuturnya.

Menilik semakin tingginya tingkat pengangguran di Kota Cimahi, Sodikin berharap ada kerjasama dengan masyarakat Cimahi untuk meningkatkan keinginan bekerja.

“Cimahi inikan sumber daya terbesarnya adalah manusia, maka dari itu Disnaker dengan kemampuan yang ada, kami ingin betul betul meningkatkan potensi warga untuk bekerja akhirnya,” ucapnya.

Sodikin menambahkan jika dalam program pelatihan kerja, banyak dana yang digelontorkan pemerintah untuk membantu masyarakat. Maka dari itu ia menyayangkan jika tidak disambut dengan baik program ini.

“Sekarangkan kalau ada pelatihan kerja kita memiliki tanggung jawab ke masyarakat kota Cimahi untuk memiliki output yang jelas, yaitu bekerja. Karena biayanya banyak yang dikeluarkan untuk membuat pelatihan, maka dari itu yang dilatih harus memiliki mindset kerja dan berwirausaha, agar berhasil,” Pungkasnya.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …