DLH Jabar Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Utara Subang

DLH Jabar Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Utara Subang. (ist)

DLH Jabar Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Utara Subang. (ist)

Hal tersebut dapat berdampak pada peningkatan risiko bencana pesisir berupa banjir rob dan abrasi serta penurunan kualitas air laut dan lingkungan hidup di wilayah pesisir.


“Adanya penetapan dan implementasi proteksi kawasan lindung hutan mangrove dan terumbu karang merupakan hal yang sangat urgent. Selain itu, perlu memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan perkotaan pada landscape kawasan pesisir yang berkelanjutan,” terangnya.

Pelaksanaan acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup diikuti oleh 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat, 10 perusahaan peraih Proper Emas di Jawa Barat, Wanadri, dan masyarakat lokal Desa Mayangan.

Terdapat total 5.000 mangrove yang akan ditanam dengan rincian 800 pohon dari PT. Moya Indonesia, 400 pohon dari PT. Rimba Makmur Utama, 400 pohon dari Bank Mandiri, 400 PT. Chandra Asri Petrochemical, 1000 pohon dari PT. Migas Hulu Jabar, 1000 pohon dari PT. Migas Hulu Jabar ONWJ, dan 1000 pohon dari PT. Biofarma.

Selain penanaman mangrove, dalam puncak peringatan hari lingkungan hidup juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara pemerintah provinsi dengan 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dan antara Yayasan Wanadri dengan PT. MUJ, PT.

MUJ ONWJ, dan PT. Biofarma. dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada masyarakat dan dunia usaha yang peduli lingkungan, penyerahan bantuan instalasi solar panel sebesar 10.600 Wp sebagai pengembangan energi baru terbarukan di wilayah Jawa Barat termasuk di Taman Kehati Kiarapayung dari PT. Astra Daihatsu Motor kepada DLH Provinsi Jawa Barat.

Kemudian penyerahan bantuan peralatan pengelolaan sampah organik (takakura) dari DLH Provinsi Jawa Barat kepada kabupaten/kota, penyerahan bantuan mangrove untuk pendidikan dasar wanadri (PDW) dari PT. Rimba Makmur Utama, PT. Moya Indonesia, PT.. Bank Mandiri, PT. Chandra Asri Petrochemical, PT. Migas Hulu Babar (MUJ), PT. Migas Hulu Jabar ONWJ dan PT. Biofarma kepada Wanadri, dan ditutup dengan penandatanganan prasasti piagam pesisir oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat.

“Kami berharap kegiatan puncak peringatan hari lingkungan hidup menjadi pemantik kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dalam pengelolaan lingkungan melalui pelestarian mangrove serta dapat direplikasikan di berbagai wilayah pesisir pantai Jawa Barat,” pungkasnya.

(adv)

Loading...

loading...

Feeds