Juara Grup C, Persib Melaju ke Semifinal dengan Sejumlah Sanksi

Pemain Timnas asal Persib Bandung Mark Klok dan Irinato mulai mengikuti latihan bersama pemain Persib Bandung di Satdion Sidolig, Kota Bandung, Senin (27/6). TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Pemain Timnas asal Persib Bandung Mark Klok dan Irinato mulai mengikuti latihan bersama pemain Persib Bandung di Satdion Sidolig, Kota Bandung, Senin (27/6). TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Persib Bandung akan kembali beraksi tanpa dukungan bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat pada laga perempat final Piala Presiden 2022, 1 Juli 2022 mendatang.


Hal tersebut merupakan sanksi yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin (Komdis), dimana Komdis melihat adanya kegagalan panitia pelaksana (Panpel) dalam memenuhi tanggung jawab menjaga ketertiban dan keamanan dalam pertandingan.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo menjelaskan telah menerima salinan surat keputusan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pada Minggu (26/6) malam. Ia mengatakan, sedikitnya terdapat 4 poin sanksi dalam surat keputusan itu.

“Tadi malam kami mendapatkan informasi dari panitia disiplin PSSI Piala Presiden 2022. Ada 4 item dalam salinan keputusannya,” ujar Kusworo usai menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Pertandingan Piala Presiden 2022, di Mapolresta Bandung, Senin (27/6).

BACA JUGA: Kelola Sampah, Pemkot Bandung Pinjam Lahan TNI AD Seluas 2 Hektare

Adapun sejumlah sanksi yang tercantum dalam surat tersebut yakni, Panitia Pelaksanaan Pertandingan Piala Presiden 2022 Grup C (Panitia Pelaksana lokal Persib Bandung) dilarang menyelenggarakan pertandingan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Kedua, dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton selama gelaran Piala Presiden tahun 2022. Ketiga, sanksi denda sebesar Rp 50 juta, dan yang terakhir, pengulangan terhadap pelanggaran terkait, akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat.

Oleh karena itu, Kusworo menuturkan bahwa pola pengamanan akan berbeda, sebab pola pengamanan yang telah disiapkan sebelumnya, merupakan penguatan personil di dalam stadion dengan asumsi pertandingan dapat dihadiri oleh suporter.

“Nah di poin kedua dijelaskan bahwa Komdis melarang Panpel menyelenggarakan pertandingan tanpa penonton. Sehingga rencana pengamanan yang sudah disiapkan untuk pertandingan dengan penonton, otomatis kita rubah. Yakni dalam bentuk pengamanan dengan tanpa penonton,” tutur Kusworo.

Sehingga, lanjut Kusworo, pengamanan akan difokuskan pada sejumlah titik akses menuju ke Stadion Si Jalak Harupat. Fungsinya untuk melakukan penyekatan dan pencegahan suporyer yang hendak menyaksikan pertandingan langsung di Stadion.

“Personel yang diturunkan pada tanggal 1 juli sebanyak 1100 personil yang kami sebar di pertigaan, perempatan, dan rute-rute yang akan dilalui, serta pintu kawasan stadion sendiri,” jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada para bobotoh untuk bersama-sama menghargai keputusan tersebut untuk sementara tidak menyaksikan klub kesayangannya berlaga di Stadion Si Jalak Harupat.

“Kami juga meminta bantuan teman-teman dari Bobotoh, Viking, The Bombs, Bomber untuk mensosialisasikan kepada seluruh rekan suporter bahwa pertandingan tanggal 1 juli nanti itu tanpa penonton,” tandas Kusworo.

BACA JUGA: Pengadaan Interior Ruang Kerja Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tuai Polemik

Sementara itu, Media Officer Persib Bandung, Jatnika Sadili mengatakan, sebagai klub profesional yang taat hukum, pihaknya menerima segala keputusan tersebut. “Kita mencoba menjalaninya dan saya harap juga bobotoh bisa memahami situasi sulit yang dihadapi kita semua,” ujar Jatnika.

Hal senada juga disampaikan oleh Perdana Menteri Viking Persib Club yang juga turut hadir dalam pertemuan tersebut, Rudi Baduy, mengatakan menghargai keputusan yang ada dan akan segera melakukan sosialisasi dan imbauan kepada seluruh suporter Persib Bandung untuk mendukung tim kesayangan dari rumah.

“Kami komunitas dari Viking, Bomber, The Bomb ini akan segera melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan buat anggota kami bahwa di tanggal 1 pertandingan delapan besar, bobotoh untuk tidak datang ke Stadion, kami memberikan himbauan, disarankan untuk anggota atau bobotoh agar nonton di rumah saja atau melaksanakan nobar dengan catatan tetap tertibtertib,” pungkas Rudi.

Sebelumnya, Persib Bandung memastikan lolos dan keluar sebagai juara grup C ke babak 8 besar setelah menang tipis atas Bhayangkara FC di laga terakhir Grup C.

(cr1)

 

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …