Migrasi TV Digital di Kota Cimahi Minim Sosialisasi

Kepala Dinas Humas Pemkot Cimahi M Ronny saat memberikan edukasi tentang era TV Digital kepada siswa di Pemkot Cimahi. TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Kepala Dinas Humas Pemkot Cimahi M Ronny saat memberikan edukasi tentang era TV Digital kepada siswa di Pemkot Cimahi. TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Migrasi siaran televisi dari analog menuju digital, disambut warga dengan kritikan. Pasalnya migrasi tersebut belum diketahui secara massal oleh warga Cimahi, akibat minimnya sosialisasi.


Salah satu warga Cimahi, Ihsan (28) mengatakan dirinya belum mengetahui terkait akan diberlakukan tv digital, bahkan belum ada persiapan apapun untuk pemasangannya.

“Jangankan untuk membeli Tv digital atau STB, untuk kebutuhan sehari-hari pun cukup kesulitan ditengah harga sembako,” ucapnya, Minggu (26/6/2022).

BACA JUGA: Peringati Ulang Tahun Eril, Relawan Anak Muda Bagikan 10.000 Paket Sembako

Ia menjelaskan mengenai migrasi tv analog ke digital, terkesan terburu-buru dan tanpa melihat kondisi warga. Pasalnya ditengah badai pandemi, kebutuhan warga bukan pada hiburan televisi.

“Menurut saya terkesan buru-buru, sekarang kalau warga dikasih set top box tv digital, apa dilihat dulu bagaimana ketersediaan sinyal di setiap tempat sama, belum lagi jika yang tv-nya masih cembung, harus ngeluarin biaya lagi,” ucap Ihsan.

Ihsan menjelaskan minimnya sosialisasi pemerintah, membuat banyak pertanyaan warga mengenai urgensi migrasi televisi digital.

“Pemerintah minim sekali sosialisasi ke masyarakat, sehingga membuat kita kadang buruk sangka. Padahal jika niatnya baik sosialisasi yang baik pula, sekarang warga cimahi banyak yang belum tau kenapa harus pake tv digital, termasuk saya,” paparnya.

Sementara itu Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Cimahi kini masih melakukan pendataan terhadap warga yang akan menerima bantuan Set Top Box (STB), yang berfungsi untuk menangkap siaran televisi digital pada televisi analog.

Kepala Diskominfo Kota Cimahi Mochammad Ronny mengatakan, pihaknya menargetkan pendataan penerima STB rampung pada akhir bulan ini. Saat ini prosesnya masih dalam tahapan merapihkan data.

“Sekarang kita masih pendataan untuk calon penerimanya. Mudah-mudahan sebelum tanggal 31 Juni sudah lengkap datanya,” kata Ronny pada Jumat (24/6/2022).

Siaran TV analog di Kota Cimahi kemungkinan besar akan dihentikan pada Agustus mendatang. Nantinya siaran TV akan bermigrasi ke sistem siaran digital sesuai amanat Undang-undang Cipta Kerja.

BACA JUGA: Pemkot Bandung Siap Kembangkan Pelayanan Berbasis Metaverse

Dirinya menegaskan, tidak semua warga akan mendapatkan bantuan STB, sebab ada sejumlah persyaratan. Di antaranya harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau Rumah Tangga Miskin (RTM).

Berdasatkan data terakhir yang diterima Diskominfo, jumlah DTKS di Kota Cimahi ada sekitar 80 ribu Kepala Keluarga (KK). Namun belum tentu semuanya masuk kriteria sebab ada sejumlah persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

“Syaratnya itu yang pasti punya TV analog. Kalau televisi yang lead itu enggak dapat. Kita sudah mulai sosialisasikan kepada warga,” ujar Ronny.

Setelah pendataan rampung, lanjut Ronny, nantinya datanya akan diserhakan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. STB tersebut ditargetkan sudah terdistribusi maksimal 25 Agustus mendatang.

“25 Agustus harus sudah terdistribusikan. Makannya sebelum tanggal 25 Agustus data harus sudah disampaikan ke Kominfo,” ujarnya.

(cr3)

 

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …