Wow Seni Reak ‘Juarta Putra’ Asal Bandung Akan Tampil di Roskilde Festival, Denmark

Seni Reak ‘Juarta Putra’ Asal Bandung Goes To Roskilde Festival, di Denmark.

Seni Reak ‘Juarta Putra’ Asal Bandung Goes To Roskilde Festival, di Denmark.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Seni Reak Juarta Putra akan tampil di Roskilde Festival, Denmark pada tanggal 2 juli 2022 bersama dengan penyanyi dan band papan atas dunia, seperti The Strokes, HAIM, ST.Vincent, Kings Of Convenience di lain waktu penyanyi dan band seperti Post Malone, Dualipa, Jada, ACXDC, Jimmy Eat World, Taylor The Creator, dan banyak lagi turut memeriahkan acara yang sudah ada sejak tahun 1971.


Kelompok Seni Reak Juarta Putra berdiri sejak tahun 1982 di Kampung Ciguruwik, Desa Cinunuk, Kota Bandung. Juarta Putra merupakan generasi penerus dari kelompok sebelumnya yakni Warga Budaya (1935-1975) yang dipimpin oleh Abah Juarta.

Roskilde Festival adalah salah satu festival musik terbesar yang ada di Eropa dan wilayah Nordik, acara ini digelar di wilayah selatan kota Roskilde yang berlangsung selama 8 hari. Selain pertunjukan seni dan musik, acara ini merupakan kegiatan nir-laba dimana hasil keuntungannya akan disumbangkan sebagai kegiatan amal. Selain dihadiri oleh penonton dan pengunjung dari Eropa, acara ini merupakan festival musik lintas dunia, dari halaman resminya disebutkan bahwa acara ini dihadiri 130.000 pengunjung.

BACA JUGA: Harga Kedelai Tinggi, Pengusaha Tempe di Kota Cimahi Menjerit

Selain tampil di panggung Roskilde Festival, Seni Reak Juarta Putra juga akan melakukan konser di beberapa sudut kota Denmark diantaraya yaitu di kota Copenhagen, dan Aarhus. Selama dua minggu lamanya seni Reak Juarta Putra akan berada di negara “Tim Dinamit” tersebut.

Adapun anggota dari Seni Reak Juart Putra yang akan pergi ke Denmark yaitu Anggi Nugraha (22), sebagai pemain Tilingtit, Wawan Setiawan (39) tahun sebagai pemain Bangplak, Dedy Mulyadi (42) sebagai pemain Tong, Syarif Maulana (45) sebagai pemain Brung Diansyah (36) sebagai pemain Bedug, Bintang Nur Alamsyah (19) sebagai pemain Tarompet dan Farhan Naufal (17) sebagai pemain Barongan.

Dalam Roskilde Festival 2022 ini Seni Reak Juarta Putra mendapat kehormatan lebi h dari pihak penyelenggara, karena dibuatkan film dokumenter yang nantinya akan ditonton oleh para pengunjung acara yang datang dari seluruh dunia. Tidak semua Tallent yang tampil dibuatkan film dokumenter oleh pihak penyelenggara.

Dalam acara yang berkonsep camp ground, Juarta Putra akan tampil dua kali yaitu di panggung utama dan helaran atau arak-arakan di sekitar lokasi camp ground.

Selain membawa Seni Reak ke Roskilde Festival, Juarta Putra sudah mempersiapkan merchandise yang dibuat khusus oleh tim Ekonomi Kreatifnya. Merchandise tersebut berupa Baju, Miniatur Barongan, Kuda Lumping dan Dogdog. Keberangkatan Seni Reak Juarta putra didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Kebudayaan, Republik Indonesia.

Seperti diketahui Reak sendiri merupakan sebuah kesenian yang hidup di antara masyarakat agraris, khususnya masyarakat petani yang mayoritas menanam padi. Awalnya seni ini merupakan pengiring upacara yang disebut ‘helaran reumpak jarami, ampih pare’, yakni upacara yang dilakukan ketika para petani memindahkan padi yang asalnya dari sawah ke tempat penyimpanan padi yang disebut leuit, atau disimpan ke rumah.

Instrumen pengiring yang digunakan Juarta Putra adalah seperangkat alat musik ‘dogdog’ yang terdiri dari tilingtit, tong, brung, dan bangplak; bedug; kecrek; serta tarompet. Selain itu, sajian kesenian ini juga dilengkapi oleh penari barongan dan penari kuda lumping yang biasanya tampil dalam keadaan kerasukan atau kesurupan.

Loading...

loading...

Feeds