Kebut Vaksinasi PMK, Distan Targetkan 500 Dosis dalam Dua Hari

PETERNAKAN: Pekerja menggiring sapi di tempat peternakan Kampung Sukamaju, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.(FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDYAT/RADAR BANDUNG)

PETERNAKAN: Pekerja menggiring sapi di tempat peternakan Kampung Sukamaju, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.(FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Dinas Pertanian Kabupaten Bandung kebut vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, setelah menerima 500 dosis vaksin tahap pertama.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengatakan pemberian 500 dosis vaksin tersebut ditargetkan selesai dalam dua hari, di dua kecamatan yakni, Pangalengan dan Kertasari dan diperioritaskan untuk sapi perah.

“Sapi perah di Kabupaten sekitar 27.000 ekor. Sementara, dampak negatif dari PMK yang sangat terasa pada sapi perah,” kata Tisna melalui pesan singkat, Selasa (21/6).

BACA JUGA: 500 Dosis Vaksin PMK Hewan Ternak Tiba di Pangalengan

Menurutnya, proses vaksinasi harus dikebut agar vaksin berikutnya bisa segera diajukan dan didatangkan dari pemerintah pusat pada Rabu (22/6) besok.

“Kalau 500 dosis ini bisa segera selesai, langsung dilaporkan ke pusat. Jadi, Rabu besok vaksin yang baru bisa didatangkan lagi,” ujar Tisna.

Namun demikian, Ia mengaku belum mendapat kepastian jumlah dosis vaksin yang akan kembali diterima Pemkab Bandung.

“Tapi kalau jumlah vaksinnya lebih dari 2 ribu dosis, akan kita sebar secara bertahap ke kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari siagapmk.id per hari Selasa (21/6) pukul 12:22 WIB, Total kasus PMK di Kabupaten Bandung telah mencapai 6.797 ekor. Dengan rincian, ternak sembuh sebanyak 1.054, potong bersyarat 397, dan mati 297 ekor.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds