500 Dosis Vaksin PMK Hewan Ternak Tiba di Pangalengan

Sapi Limousin: Terdapat puluhan sapi berjenis limousin di Peternakan milik Pak Temu, di Pameungpeuk, Kabupaten Bandung. NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG

Sapi Limousin: Terdapat puluhan sapi berjenis limousin di Peternakan milik Pak Temu, di Pameungpeuk, Kabupaten Bandung. NUR ILHAM NATSIR/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, PANGALENGAN – Sebanyak 500 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) tiba di Kecamatan Pangalengan. Seperti yang diketahui, Pangalengan menjadi Kecamatan dengan kasus PMK tertinggi di Kabupaten Bandung.


Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Bandung per tanggal 18 Juni 2022, kasus PMK di Pangalengan telah menembus angka 3.119 ekor, dengan rincian yakni, 2289 sakit, 170 mati, 266 potong bersyarat, dan yang membaik sebanyak 394 ekor.

Dokter hewan Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS), drh. Liedzikri Risqi Insani mengatakan vaksin yang telah tiba merupakan vaksin tahap pertama.

“Sampai saat ini informasinya tahap pertama, nanti kalau misalkan 500 dosis vaksin ini habis katanya bisa ambil lagi,” katanya saat dihubungi Radar Bandung.

Liedzikri mengatakan vaksinasi tersebut dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat. “Jadi diperioritaskan vaksin ke wilayah yang belum terpapar dan minim resiko tertular, sekarang di wilayah cisabuk sama citawa,” imbuhnya.

BACA JUGA: Harga Kedelai Tinggi, Pengusaha Tempe di Kota Cimahi Menjerit

Sementara untuk bantuan obat-obatan, lanjut Liedzikri, masih menunggu proses selanjutnya. Hari ini khusus program vaksinasi saja.

Sebelumnya diberitakan, para peternak di Pangalengan, khususnya peternak sapi perah saat ini sangat membutuhkan vaksin serta bantuan obat-obatan sesegara mungkin. Mengingat jumlah kasus suspek yang terus meningkat menjadi ancaman serius bagi mata pencaharian mereka.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds