Komplotan Pembobol ATM Diringkus Polres Cimahi

Kapolres Cimahi Imron Ermawan bersama Satreskrim Polres Cimahi menghadirkan para tersangka saat menggelar ekpose kasus Pembobolan Atm di wilayah Kota Cimahi. TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Kapolres Cimahi Imron Ermawan bersama Satreskrim Polres Cimahi menghadirkan para tersangka saat menggelar ekpose kasus Pembobolan Atm di wilayah Kota Cimahi. TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kota Cimahi, berhasil menangkap komplotan tersangka terkait dengan pembobolan mesin ATM di Kota Cimahi.


Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan, mengatakan komplotan tersebut menjalankan aksinya di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI Plaza Yogya di Jalan Amir Mahmud, No 128 Kel cibabat Kota Cimahi, pada Selasa 14 Juni 2022 pada pukul tujuh pagi.

“Komplotan tersebut terdiri S (44), DS (40), M (39), dan A (38), mereka membobol mesin ATM dengan cara mencongkel atau memaksa membuka exit shutter (tempat keluar uang) dengan menggunakan alat berupa besi tipis,” ucapnya, Kamis (16/6/2022).

BACA JUGA: Pemkot Bandung Pasang Wifi Gratis di 40 Taman Kota

ia menjelaskan dari keempat pelaku, dua diantaranya berhasil diamankan di tempat kejadian. Sementara dua pelaku lainya, berhasil melarikan diri ke kampung halamannya di Bakauheni, Kota Lampung.

“Kedua tersangka yang kabur berhasil tertangkap tiga hari kemudian,” paparnya.

Imron menambahkan komplotan pembobol ATM, sebelum melakukan aksinya mereka menyiapkan diri dengan belajar pembobolan melalui tayangan YouTube.

“Mereka mengetahui cara membobol, terinspirasi dari tontonan YouTube. Sialnya pada saat melakukan aksinya di Cimahi pelaku hanya sempat mengambil uang seratus ribu, sebelum akhirnya kami tangkap”ucapnya.

Dari hasil keterangan para pelaku, Imron mengatakan mereka berhasil melakukan pembobolan mesin ATM di 13 tempat di Bandung Raya hingga Kota Tasikmalaya.

“Atas tindakan itu, para tersangka diancam Pasal 363 ayat 1 ke 4 dan ke 5 KUHP pidana dengan hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun,” katanya.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds