KPU Kota Bandung Mulai Lakukan Sosialisasi Tahapan Pemilu

KPU Kota Bandung, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna hingga calon partai peserta pemilu mengikuti 
acara peluncuran tahapan pemilu pada Selasa (14/6) malam melalui Zoom Meeting. Ramadan Putra/ Radar Bandung

KPU Kota Bandung, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna hingga calon partai peserta pemilu mengikuti acara peluncuran tahapan pemilu pada Selasa (14/6) malam melalui Zoom Meeting. Ramadan Putra/ Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – KPU Kota Bandung, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna hingga calon partai peserta pemilu mengikuti acara peluncuran tahapan pemilu pada Selasa (14/6) malam melalui Zoom Meeting.


Acara tersebut diadakan oleh KPU RI di Jakarta dengan mengundang pihak terkait. Mulai dari Menteri Dalam Negeri sampai DPR RI yang sekaligus menandai KPU untuk memulai tahapan awal pemilu.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengungkapkan empat agenda besar tahapan awal pemilu di tahun 2022. Mulai dari pendaftaran parpol sampai penataan daerah pemilihan.

“Empat agenda besar tersebut adalah pendaftaran Parpol pada Jum’at (29/7) hingga penetapannya di Desember 2022. Kemudian ada pemutakhiran data pemilih dan penataan daerah pemilihan,” ungkap Suharti.

BACA JUGA: Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkot Cimahi Adakan Lomba Masakan Berbahan Ikan

Ia menuturkan regulasinya tidak jauh berbeda tapi ada sedikit penyesuaian karena pandemi. Ia mengharapkan parpol kondusif seperti 2019 lalu.

“Regulasinya hampir sama namun karena pandemi belum berakhir maka akan menyesuaikan. Diharapkan Parpol paham aturan sampai relgulasi untuk menjaga kondusifitas Kota Bandung karena 2019 berhasil,” tutur Suharti.

Selain berhasil kondusif, saat pemilu 2019 lalu partisipasi pemilih di Kota Bandung mencapai 87 persen. Melihat hal tersebut, Ema optimis dengan latar belakang pendidikan masyarakat yang makin baik. Partisipasi masyarakat dalam memilih akan berbanding lurus.

“Masyarakat yang sudah memiliki hak memilih itu bisa menyalurkan hak politiknya. Ditambah latar pendidikan masyarakat sudah makin baik, dan kepesertaan politik masyarakat juga akan baik,” ujar Ema.

Pada acara tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung juga menggelar deklarasi siap sukseskan pemilu 2024 Kota Bandung tanpa ekses.

(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Online Remedy Amwell

Volunteers often profit from peer counseling and use their time to give again to others who want assistance. In addition …

Online Remedy Amwell

Volunteers often profit from peer counseling and use their time to give again to others who want assistance. In addition …