Bawaslu Jabar Rapatkan Barisan Atur Strategi Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Jabar melakukan Apel Kesiapan Pemilu bersama Bawaslu RI dan Bawaslu Kabupaten/kota se-Jabar di Kantor Bawaslu Jabar, Selasa (14/6)/ Ist

Bawaslu Jabar melakukan Apel Kesiapan Pemilu bersama Bawaslu RI dan Bawaslu Kabupaten/kota se-Jabar di Kantor Bawaslu Jabar, Selasa (14/6)/ Ist

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pengawasan potensi dan praktik kecurangan sudah mulai dilakukan Bawaslu Jawa Barat, seiring dimulainya tahapan Pemilu 2024.


Sebagaimana diketahui, tahapan Pemilu 2024 dimulai pada 14 Juni 2022.

Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah menilai proses pengawasan sudah harus mulai dilakukan secara maksimal sejak hari pertama pada semua aspek.

“Kami siap mengawasi seluruh tahapan, baik dari aspek profesionalitas, kemandirian, independensi, dan juga integritas di semua fungsi. Sehingga, pengawalan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 terkawal oleh Bawaslu di semua aspek,” ujar Abdullah saat Apel Kesiapan Pemilu bersama Bawaslu RI dan Bawaslu Kabupaten/kota se-Jabar di Kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Selasa (14/6).

Abdullah menegaskan, semua sumber daya di semua tingkatan, mulai provinsi hingga kabupaten kota akan dioptimalisasi. Selain itu, opsi penambahan sumber daya manusia (SDM) sangat terbuka. Kesiapan lainnya adalah menyediakan pengawas di tingkat desa/kelurahan dan satu bulan menjelang pemungutan, merekrut pengawas di tempat pemungutan suara (TPS).

Tak hanya pengawasan, Abdullah memastikan fungsi pencegahan sudah berjalan. Beberapa program di antaranya adalah pendidikan politik dan sekolah kader yang sudah lama dilakukan Bawaslu Jabar.

“Artinya, kami merekrut anak-anak muda untuk menjalani pendidikan politik. Harapannya ini menjadi embrio dan mitra strategis untuk memperluas pengawasan. Hal yang sama juga kami lakukan kepada ormas-ormas, ke kampus, sehingga aspek pencegahan sudah kita lakukan sedini mungkin,” ujar Abdullah.

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi mengatakan, Bawaslu Jabar dan Bawaslu di 27 kabupaten/kota di Jabar membuka pendaftaran pemantau Pemilu 2024.

“Untuk Pemilu 2024 ini, pemantau terdiri dari dua, yakni pemantau dari unsur lembaga dan pemantau perseorangan. Pendaftaran untuk pemantau pemilu ini dibuka mulai dari hari ini sampai tanggal 7 Februari 2024,” kata Zaki seraya mengajak masyarakat yang ingin terlibat langsung dalam pengawasan Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Jabar, Yusuf Kurnia menambahkan bahwa pertarungan di ajang Pemilu 2024 bakal lebih sengit, terlebih dengan hadirnya fenomena media sosial (medsos) yang berkembang pesat saat ini. Karenanya, pihaknya juga bakal mengantisipasi dampak medsos, seperti munculnya fenomena hate speech, hoaks, dan sebagainya.

“Dalam waktu dekat ini, Bawaslu juga akan melakukan penyusunan program indeks kerawanan pemilu,” katanya.

Selain dampak medsos, tambah Yusuf, pihaknya juga tetap mengantisipasi berbagai potensi kecurangan, seperti fenomena money politics dan politik identitas. “Selain itu, soal jaminan perlindungan pengunaan hak pilih dan persoalan daftar pemilih juga masih menjadi krusial. Jadi, itu merupakan hal-hal yang masih menjadi fokus pengawasan kita,” katanya. (dbs)

Loading...

loading...

Feeds

How To Type Papers Online

There are a myriad of ways you can send your paper online. Here are a few options. GradeMiners gradePro JustDoMyEssay …

The Best Paper Writing Companies

Engaging a professional essay writer business has numerous advantages. This type of service offers students array of benefits. These services …

Task Four

The firm claims that all writers employed by AssignmentMasters are from the UK and no additional value is charged for …

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …