KPU Kabupaten Bandung Ajukan Anggaran Rp 183 M untuk Pilkada 2024

Gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung di Desa Gandasari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

Gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung di Desa Gandasari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

POJOKBANDUNG.com, KAB. BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mengajukan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebesar Rp 183 Milliar. Angka tersebut bertambah sekitar 20 Milliar bila dibandingkan dengan Pilkada 2020 lalu.


“Memang ada kenaikan dari Pilkada sebelumnya (2020), karena ada alat kesehatan, di tahun 2020 itu sekitar 160 Milliar,” ucap Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya saat dihubungi, Kamis (2/6).

BACA JUGA: Pemkot Bandung Tegaskan Zona Merah Harus Bersih PKL

Agus mengungkapkan, rumusan anggaran Pilkada 2024 masih menggunakan asumsi keadaan Pandemi Covid-19. Sehingga, pihaknya masih membuat anggaran berupa kebutuhan alat kesehatan di Pilkada 2024.

“Anggaran kita buat masih ada alat kesehatan, kita membuat anggaran setengah tahun yang lalu kan Covid-19 masih ada,” ungkapnya.

Mayoritas anggaran tersebut, akan digunakan untuk honorarium Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Rencananya akan ada 12 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 31 Kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Kira rencana awal 12 ribu TPS, tapi itu belum final, jumlah Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) 5 orang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) 3 orang, lalu KPPA 7 orang plus 2 pengamanan. Nah jumlah PPK 5 dikali 31 kecamatan, kemudian PPS 3 orang dikali 280 Desa, lalu KPPS 7 plus 2 dikali jumlah TPS,” tuturnya.

Selain itu, KPU memprediksi akan ada penambahan sekitar 5 Persen pemilih di Kabupaten Bandung pada Pemilu 2024 mendatang. Hal itu dihitung berdasarkan agregat kependudukan di Kabupaten Bandung.

“Kalau sesuai dengan agregat penambahan perubahan data penduduk, maka akan menambah sedikit, kemarin (2020) ada 2.356.419 pemilih, kemungkinan ada 5 persen,” pungkasnya.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds