Alun-Alun Baru Cimahi Diharapkan Bisa Ramah Disabilitas

SUASANA : Armyn Pane sedang menikmati suasana heritage di sekitar alun-alun Kota Cimahi. AGUNG EKO SUTRISNO/ RADAR BANDUNG

SUASANA : Armyn Pane sedang menikmati suasana heritage di sekitar alun-alun Kota Cimahi. AGUNG EKO SUTRISNO/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepekan setelah rakor revitalisasi alun-alun Kota Cimahi banyak harapan menjelang pembangunannya. Terutama bagi penyandang disabilitas, yang berharap pembangunan alun-alun ramah terhadap mereka.


Ditemui saat berwisata pagi, Armyn Pane pengguna kursi roda mengatakan, jika selama dua puluh tahun tinggal di Kota Cimahi. Infrastruktur alun-alun dan trotoar di Cimahi belum ramah, bagi pengguna kursi roda.

“Selama ini jika saya berkegiatan di jalan Kota Cimahi infrastrukturnya belum ramah. Selain harus berebut dengan pedagang, trotoar yang rusak, membuat keadaannya kurang ramah bagi pengguna kursi roda,” ucapnya (23/5)

BACA JUGA: Kejari Tetapkan 2 Pegawai Tersangka Penggelapan Uang Perum DAMRI Bandung

Ia menambahkan selain trotoar, yang kurang ramah bagi pengguna kursi roda. Taman alun-alun Kota Cimahi secara infrastruktur tidak ramah baginya, yang membuatnya sulit menikmati suasana taman.

“Walaupun keadaannya sudah asri dengan pohon, tapi bagi saya pengguna kursi roda sulit untuk masuk. Ada beberapa bentuk undakan jalan, yang sulit dilalui oleh kursi roda, jadi terkadang nikmatinya hanya dari pinggir saja sembari lewat”ucap Armyn.

Bagi pengguna disabilitas seperti Armyn, mendengar kabar mengenai hendak direvitalisasi nya alun-alun, adalah kabar yang baik.

“Ini kabar yang baik, karena taman diperuntukkan untuk warga. Saya juga warga sehingga pembangunan nantinya harus ramah terhadap disabilitas,” papar Armyn.

Armyn menambahkan jika pembangunan infrastruktur kota apapun, harus juga melihat aspek kenyamanan bagi penyandang disabilitas.

“Saya sangat berharap pembangunan apapun yang ada di cimahi, libatkan pula perspektif dari penyandang disabilitas. Karena kita juga bagian yang akan menikmati infrastruktur tersebut,”tuturnya.

Sementara itu, pembangunan Alun-alun Kota Cimahi rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2023. Plt Walikota Ngatiyana juga mengungkapkan jika desain Alun-alun Cimahi nantinya, dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat.

“Desainnya dari Pa Gubernur langsung yang membuat, sehingga kita tinggal menerima. Ada basementnya, tempat parkir, ada pos polisi terpadu, juga ada tugunya, termasuk tamannya di rubah,” katanya (10/5).

(cr3)

BACA JUGA: Terbongkar! Rupanya Ini Modus Pegawai DAMRI Bandung Gelapkan Uang Ratusan Juta

Loading...

loading...

Feeds