Waspada PMK, Polres Subang Tingkatkan Pengawasan

Foto : Kapolres Subang AKBP Sumarni ( Humas Polres)

Foto : Kapolres Subang AKBP Sumarni ( Humas Polres)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kepolisain Resor (Polres) Subang berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) setempat untuk mencegah terjadinya penyebaran PMK hewan ternak di wilayah Kabupaten Subang.


Kapolres Subang AKBP Sumarni, mengatkan penularan PMK sangat cepat, bahkan manusia bisa menjadi carrier atau penyebar penyakit dari satu hewan ternak terjangkit PMK kepada hewan ternak lain yang sehat.

Terkait hal ini, atas arahan pimpinan,  Polres Subang dan Polsek Jajaran diperintahkan untuk terus memantau penyebaran PMK hewan ternak.

“Seperti kita ketahui, di beberapa tempat di luar Subang ada penyebaran PMK pada hewan ternak,”ujar Kaolres, AKBP Sumarni Jumat (20/5/2022).

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Siap Gelontorkan Bonus bagi Atlet Penerima Medali Sea Games

Menurutnya, jika hewan ternak terjangkit PMK terlambat ditangani virusnya berpotensi menyebar ke hewan lain, dan hewan ternak tersebut akan mati.

Hewan ternak terindikasi tertular PMK, yakni air liurnya berlebih, sariawan di rongga mulutnya sehingga tidak nafsu makan, dan kaki di sela selanya muncul luka sehingga tidak bisa berdiri.

“Makanya, kita bersama Disnakeswan akan terus pantau penyebaran PMK, agar peternak tidak alami kerugian akibat hewan ternak terjangkit virus,” katanya.

(anr)

BACA JUGA: Dispangtan Cimahi Perketat Perdagangan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Loading...

loading...

Feeds