Penjelasan RSHS Mengenai Video Viral : Oksigen Tidak Habis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Netizen di kota Bandung tengah dihebohkan dengan video yang sedang viral. Dalam video yang sudah beredar luas tersebut, pasien meninggal karena tabung oksigen habis namun tidak kunjung diganti oleh petugas.


dr. Yana Akhmad SpPD-KP, MMRS, Plh. Direktur Utama RSHS mengatakan setelah mencermati video tersebut dan melihat yang terjadi dalam pelayanan kami. Pelayanan yang kami berikan sudah sesuai prosedur. Pihak RSHS pun mengucapkan belasungkawa kepada pasien.

“Pelayanan yang kami berikan sudah sesuai prosedur. Mulai dari IGD sampai ruang rawat inap hingga meninggal kami berikan. Kami mengucapkan bela sungkawa terhadap pasien,” kata Yana saat konferensi pers Jum’at (20/5).

Yana menjelaskan fokus di video tersebut mengenai tabung oksigen dan menjelaskan ketersediannya karena dalam video tersebut disinyalir lambatnya hal tersebut menjadi pemicu. Menurutnya berdasarkan pengecekan saat kejadian, tabung oksigen masih terisi.

“Terkait yang cukup terfokus yaitu masalah oksigen yang digunakan pasien tersebut tidak habis dan tetap mengalir. Jika dicermati terlihat ada tabung – tabung oksigen, ada masker yang dipakai kepada pasiennya, ada salurannya,” jelas Yana.

BACA JUGA: Raih ‘Best Of The Best’ Badan Kehormatan Award 2021, Gus Ahad: Istiqomah Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Yana menuturkan bahwa tanda tabung oksigen tidak habis dalam video tersebut terlihat dari masker yang dipakai oleh pasien saat terbaring. Jadi memang tidak habis.

“Masker yang menggembung itu tandanya masih berisi udara kemudian jika dilihat dari tabungnya terlihat ada angka angkanya disitu jd tidak kosong.
Tabung oksigen yang diberikan ini tidak habis, tidak seperti dulu sempat kehabisan oksigen di RSHS itu, sekarang cukup banyak tersedia, kami sendiri punya generator oksigen,” tuturnya.

Yana menekankan sudah memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Pihaknya juga bersimpati terhadap keluarga pasien.

“Kami sudah menyiapkan tabung oksigen, Prosedur SPO, SOP sudah dijelaskan dan diedukasi. Dijelaskan juga bagaimana kondisi pasien dan apa yang bisa kami lakukan terkait penyakit yang dialami pasien. Kami bersimpati kepada pasien dan keluarga dari kondisi yang dialami pasien tersebut,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, viral sebuah video seorang paisen meninggal di sebuah rumah sakit di Bandung. Dalam video viral yang beredar, pasien meninggal karena tabung oksigen habis tak kunjung diganti petugas. Terakhir, keluarga pasien berharap pihak rumah sakit mempunyai itikad baik datang ke kediaman keluarga pasien.

(cr2)

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Siap Gelontorkan Bonus bagi Atlet Penerima Medali Sea Games

Loading...

loading...

Feeds

Hire Someone To Write Your Essay

A professional can write your essay. They provide high-quality essays at affordable prices. Customers can alter their essay as needed. …