Dua Gudang Penyimpanan Dilahap Si Jago Merah

HANGUS: Suasana gudang yang hangus dan hancur akibat si jago merah, Kamis (19/5). FOTO: Disdamkar Kab. Bandung

HANGUS: Suasana gudang yang hangus dan hancur akibat si jago merah, Kamis (19/5). FOTO: Disdamkar Kab. Bandung

POJOKBANDUNG.com, BOJONGSOANG – Dua Gudang di Komplek Primatera, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, ludes di laharp si Jago merah pada Kamis (19/5) dini hari.


Kebakaran tersebut menimpa gudang penyimpanan bahan kimia milik PT Aimtopindo dan gudang penyimpanan buku milik PT Duta. Diduga disebabkan adanya ledakan dari salah satu gudang yang berisikan bahan Peralatan Pertolongan Pertama (P3).

“Dugaan sementara penyebabnya bulan dari listrik. Jadi dugaannya ini, ledakan yang bersumber dari P3, karena di belakangnya itu ada gudang penyimpanan bahan kimia berbahaya,” ujar Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Miftahussalam, Kamis (19/5).

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Bakal Lakukan Deteksi Dini Hepatitis Akut

Ledakan itu, lanjut Miftahussalam, terdengar keras oleh penjaga pabrik tersebut. “Pas ada letupan dia sempat buka jendela, kan itu posisi gudang P3K nya ada di belakang gudang buku, jadi ketika dia melihat api berkobar di sana, langsung dia lari ke luar,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, berdasar dari keterangan petugas yang jaga malam, kebakaran terjadi dini hari pukul 04.30 WIB. Lalu petugas tersebut segera melaporkan kejadian itu ke pemadam kebakaran.

“Karena lokasi berjauhan dengan pos-pos yang ada di Kabupaten Bandung, jadi di Pos Ciparay, Majalaya, Cileunyi jauh-jauh. Jadi mereka baru lapor jam 04.44 menit, kemudian 15 menit baru datang dua pos dulu, baru kemudian bermunculan tiga pos lagi beserta unit kendaraan,” imbuhnya.

Proses pemadaman baru selesai sekitar pukul 09.00 WIB. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut, sementara kerugian ditaksir sekitar ratusan juta rupiah.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati. Sering memperhatikan arus listrik, kompor, hingga hal-hal lainnya yang bisa menyulut api.

(cr1)

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Siap Gelontorkan Bonus bagi Atlet Penerima Medali Sea Games

Loading...

loading...

Feeds