DPRD Kota Bandung Desak Penyelesaian Jembatan Exit Tol 149 Gedebage

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan meninjau jembatan Jembatan Exit Tol 149 di Summarecon, Kota Bandung, Rabu, (18/5/2022). (Foto: Murwani Rokhayati/ Radar Bandung)

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan meninjau jembatan Jembatan Exit Tol 149 di Summarecon, Kota Bandung, Rabu, (18/5/2022). (Foto: Murwani Rokhayati/ Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – DPRD Kota Bandung mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat untuk segera menyelesaikan jembatan exit tol 149 di Summarecon, Kota Bandung.


“Hari ini kami melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan jembatan exit tol 149, dan melihat tidak ada progress pembangunan setelah terhenti sekitar 5 tahun,” ujar Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan di sela-sela peninjauan ke lokasi jembatan yang terletak di Summarecon, Kota Bandung, Rabu, (18/5/2022).

Seperti diketahui, ini merupakan proyek pemerintah pusat yang dimulai pada 2015-2016. Namun itu juga masih belum rampung dan sampai sekarang tidak diteruskan.

“Selama 5 tahun tidak ada kelanjutan. Sementara eksisting di kawasan tersebut tingakat kemacetan sudah semakin meningkat,” terangnya.

Selain itu, Tedy mengatakan, salah satu yang menjadi kendala adalah pembebasan lahan dimana hal tersebut merupakan tugas Pemprov Jabar.

“Pembebasan lahan yang sekarang harus diakukan adalah ke arah Jalan Soekarno-Hatta,” terangnya.

Dengan kondisi pandemi yang sudah mereda, Tedy berharap akan berdampak baik pada roda perekonomian yang pada gilirannya akan berimbas baik ke pendapatan Pemprov Jabar.

“Kalau perekonomian sudah membaik, mudah-mudahan pembebasan lahan bisa dilanjutkan pada 2023, sehingga bisa segera tuntas,” harapnya.

Tedy sangat berharap rencana pembanguna tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) titik awalnya bisa di Perempatan Gedebage, Kota Bandung.

“Jadi nama GeTaCi itu, tidak hanya sekedar nama melainkan memang titik awalnya dari perempatan Gedebage. Sehingga itu juga bisa menajdi satu solusi kemacetan,” tuturnya.

Seperti diketahui pada pembangunan tahap satu di lakukan dari Gedebage-Haurpauh, sedangkan tahap kedua Kiaracondong-Gedebage dan Haurpugur-Cicalengka.

Proyek yang segera memasuki tahap II tersebut diyakini bisa menambah kapasitas lintas dan layanan penumpang serta mempercepat waktu tempuh.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds