Bawaslu Cimahi Ajak Pers Menjadi Mitra Saat Pemilu

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi, mengadakan sosialisasi peliputan, dokumentasi, dan pengelolaan media informasi, di kantor Bawaslu Kota Cimahi Jalan Babakan, Kota Cimahi.


Dalam acara ini dihadiri seluruh anggota Bawaslu, jurnalis Kota Cimahi, dan di isi dengan pemaparan materi mengenai informasi, demokrasi, dan pemilu, oleh Ketua jurusan prodi ilmu sosial dan ilmu politik Dr. H. Asep A. Sahid Gatara, S. Ag., M. Si.

Dalam materinya Asep menjelaskan fungsi media sebagai salah satu pilar demokrasi, yang membangun masyarakat dan sosialnya.

“Di Tengah negara Demokrasi peran media menjadi sangat penting, guna memberikan informasi yang membangun masyarakat. Seperti pada UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.” ujar Asep.

Asep mengatakan jika Bawaslu Kota Cimahi memiliki keterbatasan dalam pengawasan pemilu. Akibat sedikitnya jumlah anggota Bawaslu, sehingga peran media menjadi penting sebagai mitra Bawaslu.

“Bawaslu akan keteteran dengan jumlah anggota yang sedikit. Sehingga media menjadi mitra mengawasi jalannya pemilu dan mengawasi Bawaslu sendiri,” ucapnya.

Kepala Bawaslu Jusapuandi , S.IP mengatakan, sebelum terlaksananya pemilihan umum 2024 Bawaslu akan melakukan sosialisasi dan konsolidasi, bersama stakeholder dan pemerintah Kota Cimahi. Terkait persiapan anggaran hibah penyelenggara pemilu, untuk pemilihan/pilkada 2024.

” Saya menghimbau kepada masyarakat agar aktif berpartisipasi, baik itu dalam menyampaikan hak pilihnya, maupun dalam berpartisipasi mengawasi jalannya pemilu. Dan untuk partai Politik agar segera menyiapkan persyaratan administrasi, untuk persiapan tahapan verifikasi parpol yg akan mulai beberapa bulan lagi,” pungkasnya.

(cr3)

BACA JUGA: Pemkab Bandung Barat Siap Gelontorkan Bonus bagi Atlet Penerima Medali Sea Games

Loading...

loading...

Feeds