Volume Sampah di Kota Cimahi Membludak Selama Libur Lebaran

Petugas tengah mengangkut sampah yang ada di tempat pembuangan sementara di kota Cimahi, belum lama ini.

AGUNG EKO SUTRISNO/ RADAR BANDUNG

Petugas tengah mengangkut sampah yang ada di tempat pembuangan sementara di kota Cimahi, belum lama ini. AGUNG EKO SUTRISNO/ RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Volume sampah selama mudik lebaran di Kota Cimahi naik secara signifikan dibandingkan dengan hari biasa terutama di sejumlah tempat hiburan.


Pemerintah Kota Cimahi Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sebelumnya telah melakukan himbauan kepada pemudik dengan memberikan edaran mengenai pelaksanaan mudik minim sampah.

Namun sepertinya edaran ini tidak begitu efektif dalam pelaksanaannya. Menurut seorang petugas kebersihan Kota Cimahi Kojek (32) mengatakan, pada pelaksanaan lebaran tahun ini jumlah penanganan sampah memang semakin banyak daripada biasanya, hal itu dapat terlihat di beberapa titik tempat hiburan di Cimahi.

“Iya, sudah tidak aneh apabila selama liburan lebaran volume pengeluaran sampah selalu tinggi. Banyak warga yang mudik bawa sampah, ditambah di beberapa tempat wisata, warga juga membuang sampah sembarangan,” ujar Kojek saat ditemui di Cimahi, Jumat (6/5/2022).

BACA JUGA: Wisatawan Tinggalkan Tumpukan Sampah, Alun-Alun Kota Bandung Akan Ditutup Sementara

Kojek mengungkapkan jika dilihat dari sampah yang dikumpulkan tim kebersihan, banyaknya sampah sisa perayaan lebaran. Ditambah pengambilan sampah pun terhambat, karena keadaan jalan yang macet selama liburan.

“Sampah seperti sisa ketupat, botol minuman, paling banyak ditemukan. Sebenarnya masih banyak sampah rumah warga , yang belum terambil oleh tim kebersihan. Karena jalanan macet sehingga kita sulit untuk akses ke beberapa jalan,”ucapnya.

Selain itu, ia menambahkan naiknya jumlah sampah selama liburan lebaran juga mengakibatkan pekerja kebersihan kewalahan, sehingga harus menerapkan lembur meski waktu libur.

“Karena jumlah sampah naik selama lebaran, ditambah pekerja juga banyak yang libur, sehingga kita harus kerja lembur, untuk menyiasati tumpukan sampah di TPS. Saya menghimbau warga, untuk bisa mengurangi sampah,” pungkasnya.

(cr3)

BACA JUGA: Volume Kendaraan Meningkat, CB Buka Tutup Dilakukan di Pertigaan Tagog Padalarang

Loading...

loading...

Feeds