36 Armada Kebersihan Dikerahkan Selama Takbiran

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Lilik Setyaningsih memberikan keterangan pers saat ditemui di Kantor Pemerintah Kota Cimahi, Rabu (27/4/2022). (Agung Eko Sutrisno/Radar Bandung)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Lilik Setyaningsih memberikan keterangan pers saat ditemui di Kantor Pemerintah Kota Cimahi, Rabu (27/4/2022). (Agung Eko Sutrisno/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Takbiran merupakan tradisi masyarakat, menyambut hari kemenangan setelah berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadan. Biasanya, warga akan berkeliling Kota, sembari mengumandangkan takbir dengan semangat.


Salah satu yang dikhawatirkan paska perayaan takbiran adalah, melonjaknya sampah yang dihasilkan setelah perayaan. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan, selalu menjadi momok paska perayaan kota.

Syera Fauziah (20) warga Cimahi mengatakan, momen takbiran Idul Fitri 1443 Hijriah. Akan menjadi momen yang penting karena sudah dua tahun tidak takbiran dengan ramai.

“Semoga bisa takbiran tahun ini, karena sudah persiapan sama teman pengajian  untuk keliling. Ditambah rindu  dengan suasana keliling kota, sambil pawai obor saat takbiran di Cimahi, “ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Lilik Setyaningsih mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan sampah paska perayaan takbiran. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, menyiapkan puluhan armada pengangkut sampah.

“Kita kerahkan personel total sekitar 215 orang dan 36 armada. Kita sudah bagi-bagi personilnya termasuk sopir. Semuanya standby,” ucapnya pada Kamis (29/4/2022).

Lilik menambahkan, para personil kebersihan akan disiagakan pukul 19.30 hingga pukul 03.00 WIB. Saat malam takbiran untuk membersihkan sampah.

Khususnya di beberapa titik yang berpotensi menimbulkan banyak sampah. Seperti Alun-alun Cimahi, Jalan Gandawijaya, Jalan Gatot Subroto dan titik-titik lainnya.

“Kita menunggu pedagang seperti di Jalan Gandawijaya, Gatot Subroto. Kalau sudah beres berjualan kita bersihkan langsung,” tambahnya. (cr3/b)

 

 

Loading...

loading...

Feeds