Optimalkan Program JKP, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jabar Gelar FGD

DISKUSI: BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jabar menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema

DISKUSI: BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jabar menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Manfaat Jaminan Kehilangan Pekerja (JKP)", di The Cipaku Garden Hotel, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2022).

POJOKBANDUNG.id, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Manfaat Jaminan Kehilangan Pekerja (JKP)”, di The Cipaku Garden Hotel, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2022).


Kegiatan tersebut selain menyosialisasikan dan meningkatkan pemahaman tentang Program JKP, sekaligus mendengarkan masukan dan tanggapan dari berbagai stakeholder di lapangan yang berhadapan langsung dengan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat, Suwilwan Rachmat mengungkapkan, Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) merupakan program baru yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“JKP menjadi program jaminan sosial yang diberikan kepada Pekerja/Buruh ter-PHK berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja. Di FGD ini kami bahas semua agar bisa direalisasikan dan manfaatnya bisa dirasakan pekerja,” ucap Willy sapaan Suwilwan Rachmat.

Willy melanjutkan, manfaat Program JKP merupakan perlindungan bagi pekerja atau buruh dalam waktu jangka pendek. Dimana ketika pekerja berhenti bekerja maka akan dapat manfaat dari program tersebut.

“Melalui kegiatan seperti ini lah kita sosialisasikan manfaat program JKP sekaligus mendengarkan (diskusi) masukan, agar pelayanan kepada peserta dalam mengajukan dan menerima klaim JKP bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga: Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Lewat Agen BRILink, Begini Caranya . . .

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) sudah terbit sejak 2 Februari 2021. Manfaat dari program tersebut baru bisa dirasakan setelah peserta mencapai masa iuran 12 bulan, manfaat pertama (tunai) diberikan oleh BPJAMSOSTEK selanjutnya manfaat kedua dan ketiga diberikan oleh Dinas Tenagakerja.

“Manfaat JKP baru dapat diberikan setelah peserta mencapai masa iuran 12 bulan dimana 6 bulan dari 12 bulan masa iur tersebut dibayar berturut-turut, maka baru bulan depan manfaat JKP dapat diberikan,” terangnya.

Baca Juga: RT dan RW di Kabupaten Bandung Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Kata Willy, Program JKP merupakan bukti nyata negara hadir untuk memastikan pekerja tetap bisa mendapatkan penghasilan meski terkena PHK dengan memberikan sejumlah manfaat, salah satunya uang tunai.

“Lalu pemberian manfaat (uang tunai) juga harus diikuti upaya untuk mendapatkan pekerjaan atau penghasilan kembali dengan mengajukan lamaran pekerjaan melalui bursa kerja yang disediakan atau mengikuti pelatihan yang tersedia,” jelasnya.

Loading...

loading...

Feeds

Is Paperial Legit?

If you are looking for a writing service that will give you custom written papers at reasonable costs, Paperial might …