Inilah Persiapan Jabar Hadapi Musim Mudik Tahun Ini

MUDIK: Kepadatan penumpang terjadi di Stasiun Bandung, belum lama ini. TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

MUDIK: Kepadatan penumpang terjadi di Stasiun Bandung, belum lama ini. TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memastikan semua persiapan menghadapi mudik sudah dilakukan. Posko pengamanan disebar di sepanjang jalur, termasuk mengoperasikan tol Cisumdawu.


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama institusi lain terus berkoordinasi agar pergerakan masyarakat berjalan dengan baik, termasuk mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang memberlakukan sistem one way atau satu jalur di Tol Cikampek selama periode mudik Lebaran, pada 28 – 30 April 2022.

“Alhamdulillah hari ini Jabar sangat siap untuk melaksanakan mudik lebaran di tahun 2022 ini,” kata dia usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 dalam Rangka Pengamanan ldul Fitri 1443 H Pada Masa Pandemi Covid-19, Jumat (22/4).

BACA JUGA: Mudik Gratis bagi 100 Warga KBB Tujuan Solo dan Jojakarta

“Titik posko yang terpadu, keamanan, pemantauan sudah siap di seluruh wilayah jabar dan dalam waktu dekat akan terjadi kenaikan signifikan di jalur utara. Akan ada one way dari Jakarta ke Cirebon Jawa Tengah juga sehingga dari Bandung ke arah Jakarta ini harus melalui jalur arteri,” sambung Emil.

Ia menjelaskan, persiapan Jalan Tol Cisumdawu sudah bisa dilalui pemudik tahun ini hingga Exit Tol Cimalaka. Adanya jalur ini bisa dimanfaatkan pemudik yang akan menuju kea rah Sumedang dan Majalengka tidak perlu melewati Cadas Pangeran.

“Bisa ulangi lagi kepada yang mudiknya ke arah Sumedang dan Majalengka tidak usah lewat Cadas Pangeran. Bisa lewat Cisumdawu sampai exit di Cimalaka. Itu berita baik di hari ini yang mungkin masyarakat ingin ketahui,” terangnya.

BACA JUGA: Jaga Kondusifitas Lebaran, Polrestra Bandung Musnahkan Ribuan Minol dan Kenalpot Brong  

Seperti diketahui, berdasarkan data Satker Jalan Tol Cisumdawu, tol ini terdiri dari beberapa seksi, dan exil Tol Cimalaka masuk ke dalam seksi tiga jaln Tol Cisumdawu.

Seksi pertama meliputi Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,40 km, seksi dua Pamulihan – Sumedang 17,050 km, dan seksi tiga Sumedang – Cimalaka 4,05 km, seksi empat Cimalaka – Legok, seksi lima Legok – Ujungjaya, dan seksi enam Ujung Jaya – Dawuan.

Lalu, karena situasi pandemi masih berlangsung, Ia menyatakan bahwa vaksinasi khususnya booter terus berjalan.

Sementara itu, Kapolda Jabar, Irjen Suntana mengatakan jumlah personel di Jabar yang disiapkan kurang lebih sekitar 30 ribu. Mereka disebar di 480 pos yang berdiri di titik jalur mudik.

“Bila dilaksanakan one way tanggal 27 sore ke arah timur, dari timur ke barat akan masuk ke jalur arteri dari bandung ini tol masuk biasa, di Purwakarta baru masuk ke arteri,” ucap dia.

“Pengecekan jalur arteri dan jalan tol ini jalannya bagus dan penerangan malam hari bagus dan pospam juga bagus,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds