Siagakan Personel Gabungan Jelang Arus Mudik Lebaran  

PERSIAPAN MUDIK: Apel persiapan pasukan personel gabungan digelar untuk kelancaran mudik lebaran 1443 H. Selas (19/4). IST

PERSIAPAN MUDIK: Apel persiapan pasukan personel gabungan digelar untuk kelancaran mudik lebaran 1443 H. Selas (19/4). IST

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Menjelang Lebaran 1443 Hijriyah, sejumlah personel gabungan dari perangkat daerah Kabupaten Bandung di siagakan.


Tercatat sebanyak 212 personel gabungan tetsebut melaksanakan apel gelar pasukan kesiapan pengamanan mudik dan balik Lebaran  di Lapangan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub), Jalan Gandasari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.
Apel ini melibatkan jajaran Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bandung.
Bupati Bandung M. Dadang Supriatna mengatakan, tim gabungan tersebut nantinya disebar di setiap pos pengamanan diantaranya, Nagreg, Cileunyi, Soreang, Kamojang, Ciwidey, Rancabali, Pangalengan dan pos pengamanan lainnya, mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.
“Tim gabungan ini akan disebar ke sejumlah pos pengamanan yang menjadi perlintasan para pemudik Lebaran 2022,” jelas Bupati Bandung M. Dadang Supriatna, Selasa (19/4).
Ia mengatakan, selain sebagai jalur lintasan para pemudik, Kabupaten Bandung juga sebagai kawasan wisata. Sehingga perlu ada persiapan yang lebih terencana, terutama kesiapan kelengkapan dalam upaya pengamanan di berbagai wilayah.
Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik. Polresta Bandung melakukan persiapan dengan mengecek langsung kesiapan jalur mudik yang ada di wilayah lintas selatan.
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pihaknya telah membuat 27 pos yang terdiri dari pos terpadu yang terletak di Exit Tol Cileunyi.
Terkait kelayakan jalan yang akan dilintasi para pemudik di wilayah jalur selatan, Ia memastikan kondisi jalur tersebut dinilai baik dan siap digunakan oleh kendaraan.
“Alhamdulilah sepanjang jalan yang kami lewati tadi yang kami cek jalur rute arus mudik dan arus balik itu kondisi jalanan dalam kondisi baik, kondisi tidak berlubang dan Insya Allah tidak menimbulkan perlambatan atau kemacetan daripada kendaraan – kendaraan yang akan melaksanakan mudik,” ujarnya.
Selain kelancaran arus lalu lintas, keamanan pemudik juga menjadi perhatian Polresta Bandung.
“Penerangan jalan umum juga akan kami lakukan pengecekan lebih lanjut. Namun demikian di awal kami mengadakan rakor dengan pemerintah Kabupaten Bandung. Dan telah kami sampaikan mengenai penerangan jalan umum untuk antisipasi kejahatan,” pungkasnya.
Bupati dan Kapolres mengimbau, bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran 2022 di wajibkan telah melaksanakan vaksinasi booster.
Kepada masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman untuk tetap berhati-hati dan bila capek atau mengantuk dapat beristirahat di pos-pos yang telah disediakan.

Loading...

loading...

Feeds