Masih Bingung Lebaran Liburan Kemana? Ini Nih 5 Pantai Rekomendasi Dekat Bandung

Pantai Sayang Heulang, Garut, Jawa Barat. (Dok Disbudpar Jabar)

Pantai Sayang Heulang, Garut, Jawa Barat. (Dok Disbudpar Jabar)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jelang libur Lebaran, pastinya satu hal yang dicari warga Bandung ialah tempat wisata alam. Tentunya yang tidak jauh dari Bandung dan bisa dipakai untuk self healing.


Salah satunya ialah wisata liburan ke Pantai, wisata pantai dekat dari kota Bandung pun bisa menjadi solusi pemecah rutinitas yang bikin monoton.

Inilah daftar lima rekomendasi Pantai berdasarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) yang lumayan dekat dari Kota Bandung.

1. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang, Jawa Barat. (Dok Disparbud Jabar)

Tepatnya di Kabupaten Garut, selatan Jawa Barat, Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu destinasi pantai yang dekat dengan Kota Bandung. Jarak tempuhnya sekitar 4 jam 57 menit jika ditempuh lewat jalur Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tak hanya soal pemandangan dan bentang alamnya yang menawan, di sini juga terdapat gundukan pasir yang eksotis sehingga kerap dijuluki ‘Sahara van Garut. Sekilas mirip Parangkusumo di Bantul DIY, yang bisa dimanfaatkan traveler untuk berfoto seperti di gurun pasir timur tengah.

2. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali Subang

Pantai Pondok Bali Subang, Jawa Barat. (IST)

Pantai Pondok Bali di Kabupaten Subang, barangkali merupakan salah satu pantai yang paling dekat dari Kota Bandung yang berada dalam daftar ini. Sebab, waktu tempuh ke pantai ini hanya memakan waktu sekitar 2 jam 37 menit via Tol Cipularang dan Jalan Raya Pantura.

Dilansir dari laman subang.go.id, yang menjadi ciri khas Pantai Pondok Bali ialah hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Aneka kegiatan yang bisa di lakukan oleh patra wisatawan seperti berenang, memancing di laut. Pemandangan saat matahari tenggelam pun menjadi incaran wisatawan.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya Jawa Barat

Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Dok Disbudpar Jabar)

Pantai Rancabuaya yang terletak di Kabupaten Garut. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling dekat dari Kota Bandung, dengan durasi perjalanan kurang lebih 3 jam 50 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun atau 4 jam via Jalur Pangalengan.

Salah satu daya pikat pantai ini adalah air lautnya yang memiliki tiga warna yang kontras. Jika dilihat dari dekat, air laut ini sangat jernih, namun bila dilihat dari udara akan terlihat perpaduan tiga warna yakni putih, hijau dan biru tua karena berbagai faktor geografis.

Destinasi wisata ini juga terkelola dengan baik, di sana pun terdapat berbagai fasilitas seperti gazebo, musala, ruang bilas dan toilet. Warga sekitar pun menjajakan kuliner berbahan dasar isi laut yang segar dan camilan khas Garut di sekitar lokasi pantai.

4. Pantai Santolo

Pantai Santolo, Jawa Barat. (Dok Disbudpar Jabar)

Bergeser ke arah Barat dari Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo yang masih berada di Kabupaten Garut juga bisa menjadi alternatif wisata pantai yang dekat dari Bandung.

Dari Bandung, Santolo bisa ditempuh durasi sekitar 4 jam 37 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun. Pantai ini menyajikan suasana tenang dengan panorama pantai selatan yang indah dengan biota lautnya yang beragam.

Di sini tersedia berbagai atraksi dan permainan air seperti penyewaan perahu untuk menyusuri lautan, dan juga banana boat yang bisa dijajal sambil seru-seruan bareng teman-teman saat libur lebaran.

5. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti Cianjur, Jawa Barat. (IST)

Keberadaan Pantai Jayanti mungkin tak sepopuler pantai Santolo atau Rancabuaya, tetapi pantai yang terletak di Cidaun, Kabupaten Cianjur ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi, apalagi saat libur lebaran.

Pantai Jayanti ini merupakan salah satu pantai terdekat dari Bandung, durasi tempuhnya sekitar 3 jam 41 menit dari Bandung. Panorama dari Jayanti sedianya menjadi pemandangan pembuka sebelum menjelajah pantai selatan lainnya, seperti Santolo atau Rancabuaya.

Fasilitas di Jayanti belum selengkap pantai primadona lainnya, namun itulah yang menjadi salah satu keunggulannya sebab pantai ini masih sangat asri dan belum terjamah industri.

Bila traveler ingin merasakan suasana pantai yang tenang, Jayanti bisa menjadi pilihan.

(bie)

BACA JUGA: Dishub Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik 29-30 April

BACA JUGA: 14,9 Juta Pemudik Diperkirakan Masuk Jabar

 

Loading...

loading...

Feeds