Hasil Penjualan NFT Lukisan Diserahkan Langsung Ridwan Kamil ke Pelukis di Jalan Braga

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan uang hasil penjualan karya lukis milik Solihin yang dijual melalui Non-Fungible Token pada platform Opensea sebesar 0,09 ETH atau Rp4,2 juta.


Solihin adalah pelukis yang biasa menjual karyanya di Jalan Braga, Kota Bandung.

Pada akhir November 2021, Ridwan Kamil menawarkan diri menjualkan lukisan kaligrafinya melalaui Opensea. Penyerahan hasil penjualan lukisan dilakukan langsung oleh Ridwan Kamil.

“Ya saya gembira banget apalagi dengan seorang Pak Ridwan Kamil sudah tak terhingga bangganya. Dulu ceritanya di luar dugaan seperti biasa nongkrong di lapak, tiba-tiba Pak Ridwan Kamil datang dan menawarkan konsep (NFT) seperti ini dan berhasil,” ungkapnya.

“Biasanya paling terjual kisaran Rp 1 juta. Ini dari NFT bisa berlipat. Dari komunitas pelukis mulai merespons tapi belum banyak yang berminat karena mungkin belum paham caranya. Saya pengen jual karya lagi di NFT,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil menyerahkan hasil penjualan lukisan Solihin untuk merupakan eksperimen upaya menyejahterakan seniman melalui pemanfaatkan teknologi digital.

“Iya sesuai janji bahwa eksperimen menjual lukisan di digital itu ternyata berhasil. Yang biasanya dijual Rp500-Rp1 juta, sekarang bisa Rp4,2 juta. Bahkan lukisan saya pun terjual lumayan lah. Ini membuktikan cara baru dalam mensejahterakan pelaku seni bahwa menjual karya ada dua cara, dijual langsung atau di dunia digital lewat NFT,” tutur Emil, sapaan akrabnya.

“Mudah-mudahan hari ini cerita di Braga menjadi inspirasi buat semua. Kan sudah disampaikan bisa mengikuti jejak ini. Nanti bisa dua cara, bukan akun sendiri walaupun rada rumit atau nebeng ke kita yang akan saya perintahkan salah satunya Bank Jabar memfasilitasi pembukaan akun di Opensea,” pungkasnya. (dbs)

Loading...

loading...

Feeds