Ridwan Kamil Diminta Poles Jembatan Brawijaya Kediri

POJOKBANDUNG.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diminta untuk mempercantik salah satu jembatan tertua di dunia yang ada di Kota Kediri.


Jembatan bernama Brug Over Den Brantas te Kediri (Jembatan Lama Kota Kediri) sudah berusia 152 tahun.

Lokasinya berada di atas kali Brantas dan dulu digunakan sebagai jembatan “Groote Postweg” (Jalan Raya) oleh Kolonial Belanda pada tanggal 18 Maret 1869.

Jembatan ini menggunakan konstruksi besi yang dibangun di atas tiang sekrup yang dipasang di dalam sungai.

Dari informasi yang dihimpun, Jembatan lama adalah jembatan besi yang pertama di Jawa, bahkan dunia hasil rancangan eorang insinyur bernama Sytze Westerbaan Muurling.

Jembatan tersebut berusia lebih tua dari Jembatan Brooklyn di Amerika Serikat yang selesai dibangun tahun 1883 sebagai penghubung Borough Manhattan dan Brooklyn di New York City melintasi Sungai East.

Permintaan mempercantik desain tersebut diutarakan oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Ini ada jembatan tertua dan konon katanya lebih tua dari jembatan London, dan ini nanti kan kita jadikan pedestrian gitu sehingga perlu didesain, saya minta tolong Kang Emil (Ridwan Kamil) membantu mendesainnya,” terang dia, Jumat (21/1).

“Jembatan ini nanti jadi jembatan tua (tidak mengubah struktur karena cagar budaya) hanya lebih kelihatannya nanti lebih keren, terkeren di Indonesia. Saya minta kang Emil karena karyanya sudah diakui dan kebetulan kami berteman dekat, sering diskusi,” ucap dia lagi.

Menanggapi hal itu, Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya. Namun, untuk tataran konsep dan hal mendetil untuk mempercantik jembatan tersebut, dirinya membutuhkan waktu.

Loading...

loading...

Feeds