Ridwan Kamil Diminta Abaikan Isu Penunjukan Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal akan menunjuk Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari kepala daerah yang punya latar belakang arsitek.


Hal tersebut menjadikan nama Ridwan Kamil banyak disinggung.

Menanggapi isu ini, Ketua Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Jawa Barat Aria Girinaya, meminta Ridwan Kamil untuk mengabaikannya karena saat ini masih berupa sinyal dari Jokowi dan belum mengarah ke nama definitif.

Kalaupun sinyal tersebut benar, Ridwan Kamil diminta tetap memilih memimpin Jabar dibandingkan Nusantara.

Menurut Aria Girinaya pernyataan Jokowi meski belum mengarah langsung pada sosok Ridwan Kamil harus tetap diapresiasi. “Itu bagi kami khususnya warga Jawa Barat adalah suatu kebanggaan kalau betul Pak Ridwan Kamil ditunjuk senagai kepala otorita IKN,” katanya, Jumat (21/1/2022).

Namun, meski membanggakan pihaknya menilai Ridwan Kamil masih memiliki tanggung jawab memimpin Jabar.

“Pak RK masih punya tanggung jawab yang masih harus diselesaikan. Beliau menjabat baru 3 tahun kemudian ada pandemi Covid-19 yang mana menyebabkan pembangunan dalam tanda petik banyak yang dipending atau belum terselesaikan,” ungkapnya.

Melihat hal tersebut pihaknya berharap Ridwan Kamil lebih dulu menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai gubenur Jabar secara tuntas.

“Kemudian kalaupun diberi kesempatan, nanti kita terserah Pak Jokowi, tapi kami warga Jabar sangat berharap Pak Ridwan Kamil menyelesaikan tugas sebagai gubernur di Jabar,” ucapnya.

“Jangan terpecah fokusnya setidaknya masih ada agenda-agenda pembangunan di Jabar yang harus diselesaikan oleh beliau,” sambungnya.

Ia juga menilai analisa sebagian pengamat bahwa sinyal ini menunjukan Jokowi tengah mempersiapkan Ridwan Kamil sebagai Capres dengan memimpin Nusantara bukan hal yang mudah dan sederhana.

“Pertanyaannya partai mana yang mau mengusung beliau sebagai capres? Saya menyarankan beliau fokus dulu di Jawa Barat walaupun peluang (capres) itu ada. Karena saya berharap Jawa Barat tuntas, Jawa Barat juara lahir batin itu bukan hanya slogan ” pungkasnya.

***

Loading...

loading...

Feeds