Pengasuh Ponpes Lirboyo Nilai Ridwan Kamil Layak Jadi Capres 2024

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kamis (20/1/2022). (ist)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Kamis (20/1/2022). (ist)

POJOKBANDUNG.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil dinilai sebagai salah satu sosok yang memiliki kompetensi sebagai salah satu calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.


Hal itu diungkapkan KH. Abdullah Kafabihi Mahrus, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri usai menerima kunjungan Ridwan Kamil, Kamis (20/1).

“Tadi kang Ridwan Kamil datang silaturahim, santri Lirboyo dari Jabar sekitar 4 ribu orang. Alumni santri dari Jawa Barat juga banyak,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Ridwan Kamil pun meminta doa dan nasihat kepada kiayi agar diberi kelancaran saat menjalankan tugas sebagai pejabat publik.

“Beliau ingin Jabar maju lebih baik menonjol keislamannya. Islam yang menaungi siapapun, termasuk yang berbeda agama,” ucapnya.

Ditanya mengenai sosok Ridwan Kamil yang masuk dalam berbagai survei sebagai kandidat presiden tahun 2024, KH. Abdullah Kafabihi Mahrus menilai wajar.

“Insya Allah baik. Di Jabar juga baik. Juga bisa menjadi presiden ke depan, kalau memimpin di Jabar baik ya layak sebagai salah satu calon presiden. Walaupun pemilihannya diserahkan kepada rakyat Indonesia,” kata dia.

“Beliau kandidat, survei baik. Adapun jadi presiden atau tidak itu urusan lain. Yang penting kita harus mengakomodir capres yang akan datang, yang baik untuk kebaikan negara kita. Ridwan kamil termasuk yang baik,” pungkasnya.

Dalam silaturahim tersebut Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Kediri, Abdullah Abubakar.

Mereka berbincang dengan sejumlah kiai termasuk KH Muhammad Anwar Mansyur pengasuh utama Pondok Pesantren Lirboyo.

Dalam kesempatan ini, Ridwan Kamil mengaku baru mengetahui dari 40 ribu santri Pesantren Lirboyo, 4 ribu lebih di antaranya merupakan santri asal Jabar.

Ia pun bangga pada mereka karena bisa menimba ilmu di salah satu pesantren yang punya nama besar di Jawa Timur.

“Saya ke sini pertama kali karena mendengar ada 4 ribuan santri asal Jabar yang menimba ilmu di pesantren Lirboyo,” katanya.

Dalam kunjungan kerja itu, Emil-sapaan akrabnya- sempat berbincang dengan beberapa santri asal Jabar dan memberi bantuan.

Kepada para santri Jabar, Emil berpesan agar di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Ia berharap mereka lulus dengan baik dan dapat menjaga nama baik Jabar.

“Nasihat buat santri, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kedua, belajar yang rajin dan harus lulus dengan baik. Ketiga, jangan lupa hubungi orang tua minta doanya dan jaga nama baik Jabar juga. Kita doakan juga sukses menjadi orang yang berguna bagi masyarakat,” tuturnya.

Tak hanya itu, Pesantren Lirboyo juga memilki cabang di Majalengka Jabar. Emil mengatakan, pihaknya akan membantu pengembangan pesantren tersebut agar ke depannya ada pilihan lokasi bagi masyarakat.

“Termasuk saya baru tahu dan bahagia Pesantren Lirboyo punya cabang di Majalengka. Itu nanti akan kita bantu kembangkan sehingga nanti ada pilihan ke Kediri atau ke Lirboyo yang di Majalengka,” ujarnya. (dbs)

Loading...

loading...

Feeds