Selama 2021, Aplikasi Lapor Kang Hengky Terima 115 Aduan Warga

BERBICANG: Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat berbincang dengan salah seorang petani. (ist)

BERBICANG: Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan saat berbincang dengan salah seorang petani. (ist)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten bandng Barat (KBB) menerima 115 laporan masyarakat melalui aplikasi “Lapor Kang Hengky” sepanjang tahun 2021.


Kepala Diskominfotik KBB, Siti Aminah Anshoriah menjelaskan, jumlah tersebut berdasarakan catatan Admin aplikasi Lapor Kang Hengky sejak diluncurkan Agustus 2021 lalu.

“Aduannya cukup bermacam-macam seperti, masalah infratruktur jalan, hingga layanan sipil yang menjadi kinerja Pemkab Bandung Barat,” katanya.

Usai mendapat laporan, kata dia, hal tersebut langsung disampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait selanjutnya ditindaklanjuti.

“Karena ketika masuk laporan kita langsung kirim ke dinas terkait. Kalau tiga hari belum ditanggapi oleh dinas itu, kita langsung hubungin adminnya, kita juga lapor ke pa Bupati mana dinas yang respon dan mana yang tidak,” jelasnya.

Ia menyebut, layanan virtual ini terhubung langsung dengan aplikasi Kinerja Pegawai. Sehingga, kalau dinas terkait tidak respos dengan batas waktu hingga akhir bulan, maka akan ada pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

“Terus lagi aplikasi ini terhubung dengan aplikasi kinerja pegawai, kalo dinas yang engga respon dengan batas waktu sampai akhir bulan tukin akan ada pemotongan,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, dengan adanya respon masyarakat dengan adanya aplikasi tersebut menjadi bahan evaluasi bagi OPD terkait.

“Hingga saat ini belum ada keluhan masyarakat melalui WA maupun platform medsos tentang adanya ketidakresponan OPD yang dilaporkan,” ungkapnya.

Ia menegaskan, masyarakat diminta untuk pro aktif dan memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal. Dengan begitu, kekurangan pelayanan dari Pemkab Bandung Barat dapat terevaluasi.

“Aplikasi Lapor Kang Hengky merupakan sarana komunikasi antara Pemkab dan masyarakat. Artinya harus dimanfaatkan secara optimal,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds