Ridwan Kamil Bakal Pimpin Otorita IKN Nusantara?

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Presiden Joko Widodo. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Presiden Joko Widodo. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kriteria kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) “Nusantara” yakni kepala daerah dan punya latar belakang arsitek.


Otorita IKN Nusantara adalah lembaga setingkat kementerian yang beroperasi paling lambat akhir tahun 2022.

Nama-nama calon kepala Otorita mulai menghangat dan Presiden Jokowi pun menyebut kriterianya, meski tak rinci.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” ungkap Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1).

Terkait kepala daerah yang punya latar belakang arsitek. Dari sejumlah nama dengan kriteria itu adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Saat disinggung terkait hal tersebut, Ridwan Kamil memilih untuk tidak banyak berkomentar dan enggan berandai-andai. Siapapun kepala otorita IKN, menurutnya, harus dapat maksimal membangun IKN.

“Saya tidak mau berandai-andai.  Belum pasti saya juga. Saya baru baca tadi malam, kriteria kepala daerah arsitek kan ga hanya saya,” katanya, Kamis (20/1).

“Tapi, siapapun yang terpilih harus maksimal membangun ibu kota yang diputuskan pindah ke Kalimantan. Jadi saya tidak mau ‘ge er’, tidak mau berandai-andai, takut salah,” lanjutnya.

Ditanyakan soal kesiapan, Ridwan Kamil menilai jika fokusnya saat ini masih menuntaskan janji politik sebagai gubernur.

“Saya belum bisa menjawab, saya masih gubernur Jawa barat. Saya belum bisa menjawab hal yang belum pasti. Saya tidak mau berandai-andai,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, sebelum menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jabar, Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek.

Tidak hanya di Indonesia, karya arsitekturnya tersebar hingga benua Asia bahkan benua Eropa. Tak hanya merancang bangunan, tapi juga terlibat dalam perancangan kota mandiri.

Di antaranya, Museum Tsunami Aceh dibangun sebagai sebuah monumen untuk memperingati peristiwa tsunami Aceh paling tragis pada 2004 lalu.

Lalu, Marina Bay Waterfront di Singapura. Kemudian, Ningbo Newtown, Tiongkok, sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan.

Dalam proses perancangan IKN, Ridwan Kamil juga terlibat dalam penjurian lomba desain IKN. (dbs)

Loading...

loading...

Feeds