Cucu Tiri Jual Tanah dan Palsukan Tandatangan, Nenek Ellen Cari Keadilan

Nenek Ellen Plaissaer Sjair (80). (ist)

Nenek Ellen Plaissaer Sjair (80). (ist)

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Nenek Ellen Plaissaer Sjair (80), Kampung Jayagiri, RT 04/11, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat harus menerima kenyataan pahit.


Pasalnya, sang cucu berinisial IW telah menjual tanah dan rumah tanpa sepengetahuannya. Akibat ulah cucunya tersebut dirinya terancam terusir dari kediamannya.

Ia menjelaskan, sang cucu memalsukan tanda tangannya untuk menjual tanah dan bangunan rumah seluas 3.230 meter persegi kepada orang lain sebesar Rp 2,8 miliar.

“Cucu saya ini memalsukan tanda tangan surat kuasa pada tahun 2014. Awalnya hilang BPKB, terus uang sampai sertifikat rumah tanpa sepengetahuan saya dan sertifikat juga sudah pindah nama,” katanya.

Ia menambahkan, IW merupakan cucu tiri dan diketahui menjual asetnya tersebut pada tahun 2014 usai sang suami meninggal dunia pada tahun 2012 lalu.

“Saat dikosongkan rumah ditangguhkan karena ada perkara hukum,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk mempertahankan asetnya tersebut dirinya menempuh jalur hukum dan IW divonis dua tahun kurungan penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung pada 2017.

“Cucu saya terbukti bersalah melakukan tindak pidana akta otentik. Jadi, dua perkara yaitu pidana dan perdata. Untuk pidananya ibu menang, tapi kasus perdatanya kalah terus dari mulai pengadilan negeri hingga PK,” terangnya.

Ia mengakui telah menghabiskan uang yang tak sedikit namun ia enggan menyebutkan uang yang sudah dikeluarkan selama kasus tersebut berlangsung.

“Akhirnya, uang juga sudah habis-habisan, tapi saya juga sudah beberapa kali harus keluar dari rumah ini. Tapi ada penangguhan untuk pengusiran dan sekarang sedang berusaha lagi mengajukan banding,” imbuhnya.

Ia meminta, agar Presiden, Gubernur, dan Bupati Bandung Barat bisa membantu dalam menuntaskan perkara ini sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya ingin merasakan ketenangan saat menghabiskan masa tua ini dan masih sempat menempati rumah yang saya sangat sayangi,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds